Pantai Gandoriah - Wisata Alam dan Budaya Masyarakat Pariaman

Pantai Gandoriah. Pantai Gandoriah merupakan wisata pantai dengan panorama pulau-pulau kecil di pusat Kota Pariaman. Panorama yang indah dan kontur yang landai membuat pantai ini menjaid objek wisata populer di Pariaman. 

Di lepas pantai Gandoriah terdapat 6 gugusan pulau kecil yaitu Pulau Kasiak, Pulau Angso, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Gosong dan Pulau Bando yang sebagian besar dapat disinggahi dengan waktu tempuh sekitar 20 menit perjalanan.
pantai gandoriah
Pantai Gandoriah
Selain wisata alam pantai, tempat ini sering menjadi lokasi diadakannya acara atau festival kebudayaan masyarakat Minangkabau. Setiap tahun diadakan pembuangan tabuik ke laut yang dilaksanakan saat matahari terbenam pada tanggal 10 Muharram. Pada pesta ini, dua tabuik dari dua komunitas yaitu Tabuik Pada dan Tabuik Subarang diarak keliling kota dengan tujuan akhir pantai Gandoriah sebelum dibuang kelaut.

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di pantai berpasir abu-abu ini. Selain berenang sambil menikmati keindahan pantai, wisatawan bisa memancing, surving dan diving. Bahkan dengan menyewa perahu nelayan atau speed boat, wisatawan bisa berkunjung menyusuri pulau-pulau di lautan lepas pantai. Pulau yang menjadi pilihan wisatawan biasanya adalah Pulau Anso Duo yang sidah dibangun dengan konsep wisata keluarga dan religi.

Lokasi Pantai Gandoriah

Kota Pariaman berjarak sekitar 65 kilometer dari Kota Padang. Pantai Gandoriah terletak sekitar 100 meter dari pusat Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Akses

  1. Dari luar Kota Pariaman bisa menggunakan kendaraan apa saja mulai dari bus antar kota maupun antar provinsi.
  2. Dari luar provinsi atau luar pulau, bisa naik pesawat dengan tujuan Bhandara Internasional Minangkabau. Jarak Bhandara ke kota Pariaman sekitar 25 kilometer, jadi tidak tidak perlu melewati kota Padang atau kota-kota di Sumatra Barat lainnya.
  3. Pantai ini dilewatioleh kereta api wisata yang datang setiap hari dari Stasiun Simpang Haru Padang dan letak stasiun pemberhentian kereta api Pariaman berada di pintu gerbang pantai Gandoriah.

Fasilitas

Wisatawan bisa leluasa menikmati garis pantai Gandoriah dengan berjalan kaki maupun dengan kendaraah roda dua dan roda empat. Hal itu didukung dengan fasilitas jalan yang menghubungkan antara pantai Gandoriah dengan objek wisata pantai yang ada di sekitarnya. Selain itu banyak penjaja makanan khas kota Pariaman yang ditawarkan oleh penjual.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Gandoriah - Wisata Alam dan Budaya Masyarakat Pariaman"

Posting Komentar