Pantai Lagundri - Menantang Ombak Pulau Nias

Pantai Lagundri - Nias. Pantai Lagundri merupakan salah satu pantai terbaik di Pulau Nias dan lokasinya tidak jauh dari Pantai Sorake. Seperti Pantai Sorake, Pantai Lagundri adalah pantai yang cocok untuk surfing pemula hingga master. Letaknya yang berhadapan dengan Samudra Indonesia menjadikan ombak ini ideal bagi peselancar dengan sensasi yang luar biasa. Ombak di pantai Lagundri diperkirakan memiliki ketinggian sampai 15 meter bahkan bisa lebih tinggi seiring dengan dorongan arus dari tengah lautan sehingga tak jarang para wisatawan tertantang untuk segera menggelar atraksi surfing.
ombak pantai lagundri
Ombak Pantai Lagundri
Pantai Lagundri sudah beberapa kali menjadi lokasi lomba selancar baik nasional maupun internasional. Selain berselancar, Pantai Lagundri sangat bagus untuk tujuan wisata dengan keindahan pasir putih pantai dan air laut yang biru. Untuk itulah Pantai Sorake dan Lagundri disebut sebagai tempat selancar paling baik kedua setelah Hawaii.

Lokasi Pantai Lagundri

Pantai Lagundri berjaran 2 kilometer dari Pantai Sorake, berlokasi sekitar 12 kilometer dari Telukdalam, ibukota Kabupaten Nias Selatan, Sumatra Utara.

Akses

  1. Dari Bhandara Polonia Medan ke Bhandara Binaka di Gunungsitoli (Nias). Berlanjut dengan kendaraan umum berupa minibus menuju ke Pantai Lagundri, Sorake  sekitar 3 jam. Jalur dari Gunungsitoli ke pantai Lagundri dan Pantai Sorake ada dua yaitu pertama melewati Lahewa lalu membelah Pulau Nias hingga ke Telukdalam. Jalur kedua menyusuri pantai melewati kota-kota kecamatan yaitu : Gido, Bawolato, Idanogawo dan Lahusa.
  2. Dari Kota Padang lewat jalur darat harus ke Sibolga dengan perjalanan sekitar 6 jam dan menuju Gunungsitoli menggunakan kapal fery cepat selama 3 jam. Jika lewat jalur udara menggunakan penerbangan perintis SMAC yang beroperasi hari Senin dan Jum'at. Dari Padang transit ke Pulau Telo dan terbang kembali ke Binaka.
  3. Dari Jakarta ada kapal mingguan dari Jakarta ke Gunungsitoli, ada feri dari Sibolga ke Gunung Sitoli. Bisa juga menggunakan bus PT. Antar Lintas Sumatra dari Lebak Bulus menuju Sibolga dan dilanjutkan dengan kapal motor menuju ke Pulau Nias.

Fasilitas

Wisatawan bisa snorkeling untuk melihat ragam jenis biota laut di perairan Pantai Lagundri yang sangat dijaga kelestariannya. Selain itu banyak warga lokal yang bisa menjadi pemandu apabila ingin belajar berselancar.Di sekitar pantai ada banyak penginapan dengan harga yang terjangkau sesuai dengan fasilitas.

Tips Berwisata ke Pantai Lagundri

  1. Untuk belajar berselancar lebih baik pagi hari karena ombak belum terlalu besar dan tinggi.
  2. Musim terbaik untuk menyaksikan lomba selancar adalah antara Juni atau Juli.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Lagundri - Menantang Ombak Pulau Nias"

Posting Komentar