Pantai Parangtritis - Pesona Pantai Terpopuler di Yogyakarta

Pantai Parangtritis Yogyakarta. Pantai Parangtritis merupakan tempat wisata pantai paling terkenal di Yogyakarta. Pantai ini memiliki pemandangan yang tidak dimiliki pantai lain di Yogyakarta. Dengan ombak besar khas pantai selatan, garis pantainya yang panjang dan adanya gunung-gunung pasir yang ada di sekitar pantai membuat wisata di Jogja ini menjadi tempat yang paling sering dikunjungi wisawatan. Wisatawan bisa menikmati keindahan pantai sekaligus having fun sambil menunggu sunset.
pantai parangtritis
Pantai Parangtritis
Beberapa kegiatan menarik bisa dilakukan di Pantai Parangtritis Yogyakarta ini. Wisatawan bisa berkendara di gundukan pasir dengan menyewa ATV (All Terrain Vechile), atau merasakan sensasi menjadi koboy pantai dengan menyewa kuda. Air laut yang kencang bisa digunakan untuk bermain layang-layang. Jika ingin lebih menantang, wisatawan bisa mengunjungi bukit Parangndog untuk olahraga paralayang.
Baca : Pantai Klayar Pacitan - Pesona Keindahan Alam dan Seruling Samudra
Ketika cahaya matahari mulai bewarna keemasan di permukaan air laut, adalah saat terbaik untuk menikmati sunset. Wisatawan bisa menyewa Bendi untuk menyusuri permukaan pasir keemasan hingga ke ujung timur.Kereta kuda beroda dua akan membuat suasana senja lebih romantis. 
Ketika matahari sudah terbenam, beberapa penjual jagung bakar akan menggelar tikar di pinggir pantai hingga larut malam. Wisatawan bisa nongkrong untuk menghabiskan waktu di pinggir pantai. Tentunya ini salah satu momen menarik yang ditunggu-tunggu bersama keluarga maupun teman-teman.

Lokasi Pantai Parangtritis

Desa Parangtritis terletak di kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar 26 kilometer sebelah selatan Yogyakarta.

Akses

Dari desa Kretek ambil rute jalan melalui Jl.Pangtritis dan ikuti hingga ke selatan. Untuk angkutan umum dengan angkutan Trans Jogja akan dilanjutkan dengan kendaraan bus umum yang beroperasi hingga jam 17.00.

Sejarah Pantai Parangtritis

Konon dulu ada seseorang bernama Dipokusumo yang melarikan diri dari Kerajaan Majapahit. Ketika akan bersemedi dia melihat tetesan air di celah-celah batu karang. Kata Karang dalam bahasa jawa disebut "parang" dan tetesan air disebut "tumatis". Untuk itulah muncul sebutan Parangtritis yang berarti air menetes dari batu.

Pantai Parangtritis juga diyakini sebagai bagian dari kerajaan Ratu Selatan, Nyai Roro Kidul. Mitos yang berkembang Nyai Roro Kidul menyukai warna hijau. Oleh karena itu para wisatawan yang berkunjung ke pantai Parangtritis kadang ada saran untuk tidak memakai pakaian berwarna hijau karena kawatir bisa ditarik ke laut oleh Nyai Roro Kidul.
Untuk itulah wisatawan dihimbau mengikuti peringatan untuk selalu berhati-hati karena ombak di pantai Parangtritis sangat besar sehingga tidak diperkenankan untuk mandi di pantai.

Fasilitas

Merupakan pantai yang paling terkenal di Yogyakarta, fasilitas di pantai Parantritis cukup lengkap. Ada lahan parkir yang luas, beberapa penginapan, toko kerajinan, toko kelontong dan warung jajanan. Untuk having fun, wisatawan bisa menyewa ATV, kuda dan juga bendi.

Postingan populer dari blog ini

Pantai Nglambor - Sensasi Snorkeling di Laut Selatan Yogyakarta

Pantai Slopeng - Pesona Pantai Bukit Pasir Madura

Pulau Tidung - Wisata Pilihan Favorit Kepulauan Seribu