Pantai Santolo - Surga Tersembunyi di Garut Selatan

Pantai Santolo Garut. Selain bentang alam pegunungan di setiap sisi Kota Garut, ada beberapa pantai yang cocok untuk menjadi tujuan liburan, salah satunya adalah Pantai Santolo. 

Pantai Santolo cukup populer di Garut. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih lembut yang memanjang dari barat ke timur. Di pantai ini pula termpat berlabuh dan bertemunya para nelayan tradisional dan merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga kapal ikan yang ada di Pameungpeuk. Selain bertentuk teluk, permukaan air laut di sebelah selatan lebih tinggi daripada permukaan pantai di sebelah barat. Keunikan tersebut membuat bentuk pantai Santolo mirip sebuah air terjun.
pantai santolo
Pantai Santolo
Ada pulau kecil yang disebut sebagai Pulau Santolo di pantai ini yang bisa dikunjungi dengan menyewa perahu atau berenang. Di pulau seluas 5 Ha itu ada dermaga yang dibangun pada tahun 1910 yang bisa menampung 50 perahu berkapasitas angkut lebih dari 5 ton. Pulau ini penuh dengan bebatuan karang dan spot paling cocok untuk yang berjiwa petualang. Di Pulau Santolo juga ada muara Cilauteureun yaitu muara yang bergerak bukan menuju ke laut namun kembali lagi ke arah muara. Peristiwa seperti ini hanya ditemukan di dua tempat yaitu di pantai Santolo Garut dan Prancis.

Kumpulan batu-batu besar dan laut biru menjadi pemandangan yang indah. Wisatawan bisa menikmati panorama pantai Santolo dan juga biota laut. Tersedia juga sewaan perahu untuk menikmati deburan ombak pantai selatan yang menantang. Dengan menaiki perahu ke sisi kiri pantai, wisatawan bisa menyaksikan pantai dengan air yang sangat bening, tenang dan dangkal.
Di Pantai Santolo terdapat stasiun peluncuran roket milik Lembaga penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN).

Lokasi Pantai Santolo

Pantai Santolo terletak di Kec.Cikelet, 88 km sebelah selatan dari Garut dengan jarak tempuh sekitar 3,5 jam.

Akses

Rute normal lewat Garut Kota - Cikajang - Cikelet dan Pameungpeuk bisa ditempuh dengan kendaraan umum dari Terminal Cicaheul (pakai bus) atau Terminal Leuwipanjang dengan minibus sekitar 4-5 jam perjalanan akan sampai di Pameungpeuk.
Rute Ciwidey - Cisewu - Bungbulang - Pameungpeuk walaupun pemandangan disekitar lebih bagus, jaraknya lumayan jauh sekitar 7 jam perjalanan dan belum ada kendaraan umum .
Jalur terdekat untuk wisatawan dari Bandung adalah melewati Ranca bali - Naringgul - Cidaun - Rancabuaya - Santolo. Bisa juga melewati jalur alternatif melalui Pangalengan.

Fasilitas

Fasilitas seperti losmen, penginapan dan kios-kios cinderamata sudah tersedia dengan harga terjangkau.
Banyak penjual ikan laut di sekitar pantai Santolo Garut dengan komoditi laut yang paling banyak adalah tongkol , layur dan cumi. Ikan laut yang masih segar bisa dibeli di tempat pelelangan ikan pada pagi hari. Wisatawan bisa meminta penjual untuk memasakkannya sekaligus dan menikmati menu sea food yang lezat sambil menikmati sunset yang menawan.


Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Santolo - Surga Tersembunyi di Garut Selatan "

Posting Komentar