Pantai Air Manis - Menengok Keunikan Batu Malin Kundang

Pantai Air Manis - Batu Malin Kundang. Siapa tak tak kenal dengan legenda Malin Kundang?. Malin Kundang adalah nama sebuah batu di pantai Air Manis. Legenda Malin Kundang turun-temurun menjadi bumbu hangat para wisatawan ketika mengunjungi Pantai Air Manis.
Pantai Air Manis
Keunikan Pantai Air Manis adalah adanya batu Malin Kundang yang melegenda. Konon Malin Kundang adalah seorang anak yang merantau dan meninggalkan ibunya, namun ketika hidupnya berbalik menjadi orang kaya, dia tidak mengakui ibunya. Sang Ibu lalu mengutuk Malin Kundang menjadi batu dan akhirnya Malin Kundang beserta perlengkapan kapalnya menjadi batu setelah mengalami petaka di lautan.

Panorama di pantai Air manis sangat indah, dengan ombak yang tidak terlalu tinggi cocok untuk peselancar pemula. Keistimewaan pantai ini memang karena adanya batu Malin Kundang yang tampak seperti manusia sedang bersimpuh di kawasan pantai.  

Namun tidak hanya batu Malin Kundang yang dapat disaksikan, pemandangan Pantai Air Manis sangat menyejukkan mata. Langit yang sangat biru dengan pantai yang masih bersih sangat menawan untuk dinikmati.
Batu Malin Kundang
Tidak jauh dari batu Malin Kundang terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Pisang kecil yang bisa dijangkau dengan perahu atau berjalan kaki ketika air tidak sedang pasang. Jadi sebaiknya tidak berlama-lama di Pulau Pisang Kecil.

Ombak di Pantai Air Manis ini jika sedang pasang besar bisa menutup batu Malin Kundang. Ombak yang menghempas batu tersebut akan membuat batu-batu itu menyerupai dinding kapal yang sudah pecah dan terlihat sangat indah. 

Lokasi Pantai Air Manis

Pantai Air manis terletak di daerah Pantai Air Manis, Kelurahan Air Mani, Kecamatan Teluk Kabung, Kabupaten Padang, Sumatra Barat. Berada sekitar 15 kilometer dari kota Padang.

Akses

Untuk menuju ke Pantai Air Manis bisa menggunakan kendaraan pribadi dari pusat Kota Padang menuju ke Teluk Bayur. Disini anda bisa menuju ke lokasi pantai. Jika menggunakan angkutan umum, dari kota Padang bisa menggunakan bus jurusan Padang - Bungus.
Cara yang bisa ditempuh lainnya adalah melalui Jembatan Siti Nurbaya. Namun jalur ini hanya bisa ditempuh dengan motor atau jalan kaki karena dari bukit Padang ke Pantai Air Manis belum bisa dilalui mobil.

Fasilitas

Ada beberapa tempat bermalam di sekitar kawasan Pantai Air Manis dengan harga terjangkau. Selain itu ada warung makan di sepanjang pantai, tempat parkir, toko souvenir, toilet umum, persewaan papan selancar dan juga tempat ibadah.


Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Air Manis - Menengok Keunikan Batu Malin Kundang"

Posting Komentar