7 Pantai di Karimun Jawa dengan Pesona Unik dan Menawan

Karimun Jawa.  Karimun Jawa adalah gugusan pulau indah dengan hamparan pasir putihnya yang menawan. Tempat wisata Krimun Jawa ini sudah tersohor di kalangan turis domestik maupun mancanegara. Kepulauan yang sudah ditetapkan menjadi taman nasional ini menjadi surga bawah laut bagi wisatawan yang menyukai snorkeling maupun diving. Suasana alami, tenang, nyaman dan banyaknya tempat wisata akan membuat siapapun betah berlama-lama disini.
Karimun Jawa
Pulau Karimun Jawa masuk dalam kabupaten Jepara, Jawa Tengah dengan luas daratan sekitar 1.500 Ha.

Akses

  1. Transportasi darat dan laut yang bisa digunakan untuk ke Pulau Karimun Jawa adalah kapal dari Semarang dan Jepara. Dari pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Kapal Kartini berangkat setiap sabtu jam 9 pagi ke Karimun Jawa dan kembali pada Minggu siang dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Dari Pelabuhan Pantai Kartini, Jepara, Kapal Muria berangkat  tiap dua hari sekali dengan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan. Jadwal kapal dari Pelabuhan Jepara perlu diperhatikan karena jadwal kapal bisa berubah sesuai dengan cuaca di laut jawa.
  2. Jalur udara bisa ditempuh dari Bhandara Ahmad Yani, Semarang menuju Bandar udara Dewa Daru di Pulau Kemujan dengan waktu sekitar 30 menit.

Berikut adalah wisata alam pantai yang bisa dinikmati di Pulau Karimun Jawa :

1. Pantai Legon Lele

Legon Lele ada di bagian timur Karimunjawa. Bisa ditempuh dengan jalur darat selama kurang lebih 15 menit dengan motor. Legon Lele adalah sebuah pantai, mangrove dan daerah perbukitan yang masih alami. 
Pulau yang sangat dekat dengan tempat wisata pantai ini adalah Pulau Batu. Air pantai yang surut kadang membuka jalan untuk menuju ke Pulau Batu, meski tidak begitu dekat. 
Pantai Legon Lele
Keunikan Lagon lele yaitu menawarkan suasana cottage wisma apung. Pantai Legon Lele juga menjadi spot terbaik untuk mengabadikan sunrise di Pulau Karimun Jawa. 

2. Pantai Ujung Gelam

Pantai Ujung Gelam terpaut cukup jauh dari pusat kota Karimunjawa. Berada di dusun Alang-alang, pantai ini cukup terkenal di kalangan masyarakat sekitar, jadi jangan ragu untuk bertanya jika sulit menemukan lokasi pantai ini.

Ujung Gelam
Berada di ujung barat Pulau Karimunjawa, pantai akan lebih ramai pada sore hari. Beberapa wisatawan akan berkumpul di Pantai Ujung Gelam untuk menanti sunset yang akan kelihatan begitu jelas saat cuaca mendukung.

3. Pantai Batu Topeng

Pantai Batu Topeng terletak di timur laut Pantai Ujung Gelam dan dapat diakses dengan sepeda motor, mobil maupun kapal. 
Pantai Batu Topeng
Pantai Batu Topeng mempunyai keunikan dengan adanya sebuah pondokan kecil yang menjorok ke laut. Menikmati ketenangan di pondokan itu tentu akan membuat siapapun betah berlama-lama menikmati suasana laut lepas berwarna kebiruan yang tenang.

4. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana berada di sekitar Nirwana Resort, resort paling terkenal di Karimunjawa. Pantai yang landai banyak ditumbuhi pohon kelapa. Pantai Nirwana disebut-sebut sebagai pantai yang sering diadakan pesta pantai saat tahun baru di Karimunjawa.

5. Pantai Pulau Tengah

Pantai Pulau Tengah memiliki ciri khas unik. Wisatawan akan disuguhi bangunan-bangunan kayu yang berdiri di sekitar pantai yang tidak dimiliki pulau lain di Karimunjawa. Disini juga ada tempat penangkaran hiu dan ikan badong. 
Pantai Pulau Tengah

6. Pantai Pulau Seruni

Pantai Seruni berada di sisi timur Karimun Jawa dan berdampingan dengan Pulau Genting dan Pulau Sambangan. Di antara ke tiga pulau ini terdapat area gosongan yaitu area pasir dan terumbu karang, sehingga jika dilihat dari atas akan menampakkan pemandangan gyang indah. Di Pantai Seruni banyak terdapat ikan nemo, sehingga pantai ini sering disebut surganya ikan nemo.

7. Pantai Batu Putih

Pantai Batu Putih berada di Dusun Jelamun, Desa Kemujan, Karimunjawa, Jepara. Pemandangan disini lumayan menyejukkan mata. Ombak yang tenang dengan air laut yang bersih menjadikan suasana sangat nyaman. Pasir pantai yang bersih dan putih menggoda setiap wisatawan untuk menyusuri garis pantainya. 
Konon nama pantai ini diambil dari sebuah batu yang berwarna putih dan kini, Pantai Batu Putih menjadi icon Pulau Karimunjawa.
Pantai Batu Putih

Itulah 7 pantai unik dan menawan yang bisa dikunjungi ketika berwisata ke Pulau Karimun Jawa yang kini sudah cukup populer di kalangan wisatawan dalam dan luar negeri.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "7 Pantai di Karimun Jawa dengan Pesona Unik dan Menawan"

Posting Komentar