Mengekplore Perpaduan Alam Sempura Pulau Satonda

Pulau Satonda Nusa Tenggara Barat. Pulau Satonda merupakan salah satu pulau tak berpenghuni yang memiliki pesona alam yang menakjubkan. Selain keindahan alam yang masih alami dengan birunya laut yang bersihnya pantai, Pulau Satonda memiliki keunikan dengan adanya danau air asin di tengah Pulau.
Pulau Satonda
Daratan Pulau Satonda terbentuk karena letusan gunung berapi di dasar laut jutaan tahun yang lalu. Sedangkan Danau Motitoi di Pulau Satonda terbentuk dari letusan Gunung Satonda beribu tahun yang lalu. Danau air asin di Pulau Satonda diperkirakan karena campuran dengan air laut yang meluap karena letusan Gunung Tambora, sehingga terperangkap di dalam danau. 
Danau Motitoi
Selain Danau Motitoi, keunikan lainnya adalah karena air lautnya mengandung ke'basa'an sangat tinggi (pH 7,08 - 8,27) dibanding air laut pada umumnya dan ini merupakan salah satu fenomena langka. Satonda juga memiliki kaldera dengan luas sekitar 3 x 2 kilometer dengan kedalaman sekitar 1.000 meter. Pulau yang memiliki luas sekitar 2.600 Ha ini sudah dijadikan wilayah konservasi dan wisata dan sudah ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam Laut pada tahun 1999.

Kawasan perairan, pesisir pantai, perbukitan dan danau yang unik menjadi daya tarik Pulau Satoda. Perairan di Pulau Satonda memiliki keragaman laut yang sangat luar biasa. Wisatawan bisa snorkeling atau sekedar berjalan-jalan menikmati pulau unik yang eksotis ini. Bukit-bukit hijau yang masih asri akan menjadi sajian selain hamparan laut birunya yang jernih.  Gunung Tambora yang megah juga bisa disaksikan dari Pulau Satonda yang mempunyai ikatan sejarah masa lampau.

Sebuah hal yang tak kalah menarik, ada lokasi dimana banyak batu yang digantung di pepohonan. Konon jika melakukan hal ini, keinginan bisa dikabulkan.

Perpaduan alam Pulau Satonda yang komplit akan memanjakan wisatawan ketika berkunjung ke Pulaunya. Kisah sejarah yang menghadirkan pulau Satonda telah mengundang para peneliti untuk mengungkap misteri. Tentunya, wisatawan juga akan tergiur untuk mengunjungi pulau ini. 

Lokasi Pulau Satonda

Pulau Satonda berada di Desa Nangamiro, Kecamatan Tambora, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Berjarak sekitar 3 kilometer dari Pulau Sumbawa. Pulau Satonda berada di kawasan laut Flores.

Akses

Akses menuju ke Pulau Satonda bisa dengan beberapa alternatif :
  1. Dari Sumbawa Besar menuju ke Desa Ngamiro yang membutuhkan waktu sekitar 8 jam perjalanan. Jika dari Dompu, membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Setelah di Pelabuhan Nangamiro, bisa menggunakan perahu untuk menuju ke Pulau Satonda dengan waktu sekitar setengah jam sampai 1 jam perjalanan.
  2. Dari Pulau Bali atau Lombok bisa menggunakan kapal pesiar jurusan Flores. Sebelum menuju ke Taman Nasional Komodo, kapal pesiar kadang mampir ke Pulau Satonda.
Dermaga Pulau Satonda

Fasilitas

Fasilitas di Pulau Satonda sangat minim.  Jika ingin snorkeling, bawalah alat sendiri karena tidak ada penyewaan alat snorkeling di pulai ini. Di Pulau Satonda tidak ada penginapan ataupun penduduk. Jadi jika ingin menikmati Pulau ini bawalah tenda dan logistik, lalu pastikan perahu bisa menjemput esok harinya.


Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Mengekplore Perpaduan Alam Sempura Pulau Satonda"

Posting Komentar