7 Pantai Eksotis di Pulau Bawean yang Wajib Dikunjungi

Pulau Bawean. Ada Sinar Matahari adalah arti dari nama Pulau Kecil ini. Selain menghadirkan pesona pantai yang menarik, Jawa Timur juga memiliki pulau-pulau kecil dengan pesona yang tak kalah indah. Pulau kecil di utara Jawa Timur yang memiliki wisata bahari menawan ini adalah Pulau Bawean. Pulau Bawean memiliki beberapa pantai eksotis yang masih alami karena belum banyak terjamah oleh para wisatawan. Selain itu Pulau Bawean mempunyai jenis hewan endemik yaitu Rusa Bawean (Axis Kuhlii). Inilah yang membuat Pulau Bawean sangat menarik dan mulai diminati oleh para wisatawan.

Pulau Bawean termasuk dalam wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Letaknya berada sekitar 120 kilometer dari Gresik. Cara yang bisa dilakukan untuk menuju Pulau Bawean bisa dengan kapal laut yang membutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Pelabuhan Gresik. Jadwal kapal dari Gresik - Pulau Bawean hanya ada pagi hari jam 09.00. Jik adari Surabaya bisa menggunakan pesawat Air Fast Indonesia yang berpenumpang 12 - 18 orang.

Pulau Bawean menawarkan wisata bahari yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai yang indah tersebar di sekeliling Pulau Bawean dan juga pulau-pulau kecil yang berasa di sekitarnya seperti Pulau Noko, Pulau Noko Selayar dan Pulau Gili. Jadi, ada apa saja di Pulau Bawean?

Berikut adalah wisata pantai yang wajib dikunjungi di Pulau Bawean :

1.  Tanjung Gaang

Tanjung Gaang atau Gheen adalah pantai dengan rangkaian batu-batu karang yang ada di tengah laut. Anda bisa menyaksikan bagaimana ombak air laut yang biru jernih menghempas bebatuan karang. Untuk menikmati pemandangan Tanjung Gaang, Anda bisa menyusuri karang-karang itu atau menyewa perahu nelayan. Tempat dengan tembok tebing-tebing karang yang indah cocok untuk jalan-jalan sore hari sambil menantikan sunset.
Tanjung Gaang


2. Pantai Ria

Pantai Ria dulunya adalah tempat berlabuh para nelayan sekaligus tempat pengolahan ikan dan rumput laut di Pulau Bawean Gresik. Untuk itulah di sekitar Pantai Ria akan dijumpai banyak perahu nelayan yang sedang beraktifitas. 
Pantai Ria

 

3. Pantai Gili (Timur)

Selain Pulau Bawean sendiri, Pulau Gili merupakan pulau kedua dengan penghuni terbesar setelah Bawean. Pantai Gili berupa pantai pasir putih yang cukup memikat untuk menyaksikan sunrise maupun sunset. Hasil laut tngkapan nelayan setempat akan menjadi tawaran menarik lainnya untuk anda.
Pulau Gili

4. Pantai Pulau Noko

Pulau Noko bersebelahan dengan Pulau Gili dengan luae sekitar 1 kilometer persegi. Garis pantainya panjang dan ditumbuhi semak belukar. Namun hal yang menarik di Pantai Pulau Noko adalah pesona bawah lautnya. Taman bawah laut Pantai Pulau Noko sangat menggoda dengan adanya bunga karang dan biota laut lainnya. Tapi, kurangnya fasilitas mengharuskan anda harus membawa perlengkapan sendiri.  

5. Pantai Noko Selayar

Pulau Noko Selayar  berdekatan dengan Pulau Selayar Bawean dan lebih kecil dari Pulau Noko dan Pulau Gili. Noko Selayar berupa gugusan pasir putih panjang dengan pesona bawah laut yang tidak kalah dengan Pantai Pulau Noko. Pulau tak berpenghuni ini merupakan lokasi yang tepat untuk menikmati sunset.
Pantai Noko Selayar

6. Pantai Mayangkara

Pantai Mayangkara menyuguhkan pemandangan laut lepas yang biru bening. Disinilah anda bisa menemukan rusa bawean di tempat penangkaran rusa. Menurut sejarah, pantai yang disebut Bayangkara ini ditemukan oleh istri Sunan Giri, Siti Zaenab. 

7. Pantai Kuburan Panjang

Seperti namanya, pantai ini cukup unik dengan adanya kuburan panjang yang dipercaya kuburan para pengawal Aji Saka di Bawean. Keunikan lain dari Pantai Kuburan Panjang adalah adanya dua daerah yang berbeda yang dipisahkan daratan yaitu satu pantai dengan ombak tenang sedangkan sisi yang lain dengan ombak kencang. Pantai Kuburan Panjang adalah pantai paling populer di Pulau Bawean Gresik di kalangan remaja setempat. 
Pantai Kuburan Panjang
Anda mungkin tidak akan puas menikmati Pulau Bawean dalam waktu singkat. Fasilitas untuk para wisatawan yang ingin mengeksplore Pulau Bawean'pun sudah lengkap. Penginapan sudah cukup banyak mulai dari Icottage, motel hingga hotel dengan tarif yang beragam. Meski transportasi umum sangat minim, anda masih bisa menyewa motor atau kendaraan roda empat untuk menikmati pesona Pulau Bawean sampai puas

  

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "7 Pantai Eksotis di Pulau Bawean yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar