Pulau Kanawa - Salah Satu Mutiara Eksotis di Laut Flores

Pulau Kanawa Nusa Tenggara Timur. Bersantai di sebuah tempat yang tenang, indah sekaligus tanpa hiruk pikuk teknologi adalah idaman bagi para petualang. Labuan Bajo, salah satu tempat penghubung ke pulau-pulau menawan disekitarnya, termasuk Pulau Kanawa. Pulau yang memiliki nama hampir kembar dengan Pulau Kenawa di Nusa Tenggara Barat ini menawarkan keindahan yang tidak jauh beda. Pesonanya telah mendunia dan keberadaannya mulai dilirik para wisatawan dan tentunya, Pulau Kanawa pasti menjadi destinasi wisata menarik yang wajib untuk disinggahi.
Pulau Kanawa

Pulau Kenawa berada di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur Indonesia. Berada sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo. Pulau dengan luas 32 Ha ini memang tampak tak berarti dibanding pulau-pulau lain di sekitarnya. Namun seperti setumpuk perhiasan yag terkumpul di Labuan Bajo, pesona Pulau Kanawa mulai tampak menggoda.

Sebuah dermaga kayu yang berdiri di atas perairan yang jernih bak kaca akan menyambut setiap wisatawan yang datang hingga ke bawah bukit karang yang ditumbuhi rerumputan hijau. Gradasi warna laut hijau kebiruan dibatasi oleh pasir putih yang menyeret rasa penasaran. Ada apakah di Pulau Kanawa?.

Pulau Kanawa tempat yang tepat untuk menyepi dan menikmati alam sepenuhnya. Tidak adanya sinyal telepon dan internet membuat petualangan di Pulau Kanawa akan terasa berbeda. Beberapa aktivitas bisa dilakukan seperti bersantai, berkeliling pulau, menaiki bukit, maupun berjemur. Menikmati angin semilir, bergantung di sebuah hammock di bawah pohon rindang sambil sesekali memandang laut biru jernih menawan tentu menjadi pilihan menarik yang menggoda.

Kehidupan bawah laut yang mempesona akan mengundang wisatawan untuk menjajal sensasinya. Snorkeling maupun diving merupakan hal wajib yang harus dilakukan di Pulau Kanawa. Segeralah berpetualang ke bawah laut untuk menemui manta ray, hiu paus, parrot fish, mola-mola, penyu, beraneka ragam nudibranck dan kuda laut pigmi yang bisa anda temukan bersama penyelam yang lain. 
Taman Laut Pulau Kanawa
Menjelang sore, air laut Pulau Kanawa akan surut perlahan dan menunjukkan biota-biota laut lebih jelas di permukaan. Tanpa menyelam pun, anda bisa menyentuh biota laut seperti bintang laut, kepiting dan lain sebagainya. 

Aktivitas di Pulau Kanawa ini dilakukan di bagian selatan pulau, sementara di bagian utara dibiarkan tidak terjamah untuk memelihara ekosistem flora dan fauna yang ada disana.

Bermalam di tempat wisata Pulau Kanawa adalah pilihan yang tepat. Adanya jenis penginapan yang tampak alami dan menyatu dengan alam ini merupakan sajian unik di Pulau Kanawa. Ada tiga jenis penginapan yaitu :
  1. Tenda yang sudah dilengkapi perlengkapan tidur dengan harga yang paling murah.
  2. Bale : bangunan mirip gazebo yang sudah lengkap dengan perlengkapan tidur, kelambu dan juga stop kontak listrik.
  3. Bungalow : Dilengkapi dengan kelambu dan kamar mandi dengan dua pilihan kelas yaitu standart dan deluxe.   
Penginapan di Pesisir Pantai Pulau Kanawa


Akses Ke Pulau Kanawa

Ada beberapa pilihan akses ke Pulau Kanawa dari Labuan Bajo yang bisa dipilih :
  1. Sewa kapal atau speedboat untuk sekali jalan dengan tarif kapal sekitar Rp.300.000 - Rp.400.000 dan speedboat sekitar Rp.70.000.
  2. Shuttle boat gratis yang disediakan oleh pengelola resort Pulau Kanawa yang berangkat setiap jam 12.00 dan kembali jam 08.00.

Fasilitas Pulau Kanawa

Tempat wisata Pulau Kanawa sudah dikelola dengan baik dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai, yaitu :
  1. Beberapa termpat bermalam tergantung harga dan selera.
  2. Penyewaan tenda untuk bermalam.
  3. Diving Center yang menyewakan perlengkapan menyelam.
  4. KB's bar yang memeriahkan suasana dengan lagu-lagunya yang penuh semangat dan Starfish Cafe yang menyediakan minuman dan makanan khas Indonesia maupun mancanegara dengan harga bervariasi
  5. Kapal gratis yang disediakan pengelola untuk pulang-pergi Labuan Bajo-Pulau Kanawa.
  6. Menyediakan tour untuk mengunjungi pulau-pulau di sekitarnya seperti Pulau Komodo, Pulau Rinca dan sebagainya. 
 

Tips Mengunjungi Pulau Kanawa Nusa Tenggara Timur

Ada beberapa tips sebelum berkunjung ke Pulau Kanawa untuk membuat liburan anda lebih tertata dan memuaskan :  
  1. Jika berangkat dengan kapal gratis ke Pulau Kanawa, pesanlah penginapan jauh-jauh hari. Meski banyak jenis penginapan yang tersedia, namun di sepanjang musim liburan tingkat hunian wisatawan cukup tinggi. Ini mencegah anda menunggu terlalu lama di Labuan Bajo untuk mendapatkan penginapan kosong, kecuali anda berlibur dengan menyewa kapal.
  2. Bawalah uang tunai karena tidak ada ATM di Pulau Kanawa. Karena letaknya di pulau terpencil, harga makanan dan minuman di Pulau Kanawa pastinya lebih mahal.
  3. Kanawa Beach Bungalow melarang wisatawan membawa makanan dari luar selain dari restoran mereka.Perhatikan jadwal buka restoran di saat jam makan pagi, siang dan malam agar tidak kelaparan.
  4. Listrik tenaga surya hanya tersedia jam 18-23.
  5. Tidak ada sinyal internet dan telepon. Untuk mencegah bosan diluar waktu menikmati Pulau Kanawa, bawalah buku atau musik.
  6. Segala jenis pembayaran penginapan, makanan dan tour dibayar cash pada malam terakhir menginap. Jangan sampai uang kurang daripada anda bolak balik ke Labuan Bajo - Pulau Kanawa lagi.
Pulau Kanawa dengan fasilitas dan pesona yang luar biasa akan menjadikan petualangan anda sangat sempurna untuk menikmati alam pulau kecil nan rupawan ini. 
 
 

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pulau Kanawa - Salah Satu Mutiara Eksotis di Laut Flores"

Posting Komentar