Pulau Kenawa - Salah Satu Surga Sumbawa yang Mengagumkan

Pulau Kenawa Nusa Tenggara Barat. Pernahkan anda membayangkan berada di padang savana, di sebuah pulau kecil dengan latar belakang pegunungan serta dikelilingi laut yang biru?. Bersiaplah untuk berwisata ke pulau indah bernama Kenawa. Pulau Kenawa adalah salah satu surga tersembunyi yang tersebar di Indonesia. Pulau yang masih perawan serta tidak begitu ramai semakin mengukuhkan Pulau Kenawa sebagai tempat wisata dengan perjalanan indah yang sangat sayang untuk dilewatkan.
Pulau Kenawa Sumbawa
Pulau Kenawa berada di Kabupaten Sumbawa barat, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pulau tidak berpenghuni ini memiliki luas sekitar 13 Ha dan terdiri atas hamparan padang savana, ilalang serta sebuah bukit di tengah pulau yang menjadi ciri khas'nya. Pulau Kenawa akan menyajikan pemandangan alam yang sangat luar biasa jika dipandang dengan mata telanjang.

Siapapun bisa melakukan berbagai hal menarik di Pulau Kenawa, seperti memancing, berjemur, trekking, camping, snorkeling dan juga hunting foto dengan latar belakang pemandangan alam yang sangat membuat mata terpana. Trekking ke atas bukit di tengah pulau adalah salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Melintasi padang rumput yang cantik, ada banyak momen emas yang bisa didapatkan di atas bukit seperti sunrise, pemandangan alam sekitar, sunset serta menikmati hamparan bintang di angkasa. 
Hamparan Padang Savana Pulau Kenawa


Snorkeling juga tidak boleh dilewatkan di Pulau Kenawa. Laut yang tidak begitu dalam menyimpan banyak biota laut yang masih alami. Meski pada beberapa bagian ada yang rusak, namun sebagian besar taman bawah laut Pulau Kenawa menyajikan pemandangan yang mengesankan.
Biota Bawah Laut Pulau Kenawa
Merupakan pulau tak berpenghuni, tidak ada fasilitas yang memadai di Pulau Kenawa kecuali beberapa saung kecil di sekitar dan toilet umum yang tidak terawat. Tapi anda pasti lebih tertarik untuk mendirikan tenda dan bermalam disana. itu adalah hal menarik dan merupakan suatu hal yang susah dicari. Tidur di hamparan padang rumput di pulau sepi, terpencil nan indah, dikelilingi birunya laut serta hamparan bintang di langit dan ditemani oleh segelas minuman bersama teman-teman maupun keluarga. Tentu hal itu sangatlah mengesankan !


Bagaimana Menuju ke Pulau Kenawa?

Anda bisa mengunjungi tempat wisata Pulau Kenawa dengan titik awal di Bhandara Internasional Lombok. Rute menuju ke Pulau Kenawa :
  1. Dari Bhandara Internasional Lombok, naik bus damri menuju daerah Sweta.
  2. Sewalah kendaraan di Sweta menuju ke Pelabuhan Kayangan. Bisa menggunakan taksi atau engkel.
  3. Dari Pelabuhan Kayangan menuju ke Pelabuhan Potonano di Sumbawa menggunakan kapal feri yang beroperasi 24 jam dengan kisaran waktu sekitar 2 jam.
  4. Dari Pelabuhan Potonano melanjutkan ke Dermaga Kenawa.
  5. Sewalah perahu di Dermaga Kenawa untuk mengunjungi Pulau Kenawa yang mengagumkan itu.

Tips Wisata ke Pulau Kenawa

Anda tentu ingin melakukan petualangan indah yang sempurna. Jadi anda harus menyimak beberapa tips yang berguna untuk perjalanan anda. Berikut tips wisata ke Pulau Kenawa ;
  1. Siapkan uang tunai yang mencukupi karena tidak ada fasilitas pembayaran non tunai atau mesin ATM.
  2. Menyewa perahu dengan kapasitas 10 orang bekisar Rp.300.000 - Rp.400.000, namun di dermaga bisa juga ikut kapal nelayan untuk menyeberang.
  3. Bawalah perbekalan yang cukup karena tidak ada fasilitas warung makan di Pulau Kenawa.
  4. Bawalah pelindung kepala karena padang savana sangat panas. 
  5. Jika berniat snorkeling, bawalah alat snorkeling sendiri. 
  6. Bawalah plastik atau kresek untuk membawa sampah anda kembali.
So, are you ready to go guys ?!

  

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pulau Kenawa - Salah Satu Surga Sumbawa yang Mengagumkan"

Posting Komentar