6 Pantai Cantik di Belitung yang Wajib Dikunjungi

Pantai Populer di Belitung. Dulu Belitung mungkin hanya dikenal sebagai pulau kecil yang bersebelahan dengan pulau Bangka, itu saja. Kini, mendengar nama Belitung pasti terbesit sebuah pantai menawan yang dikelilingi batu-batu granit seperti di film 'Laskar Pelangi' yang booming pada tahun 2008. Film 'Laskar Pelangi' secara tidak langsung telah membuka secuil surga di pulau kecil yang jarang didengar wisatawan. Kini, Belitung menjadi destinasi para traveler maupun fotografer dari berbagai belahan dunia untuk menyibak surga yang selama ini tersembunyi.

Ada banyak tempat wisata pantai di Belitung yang bisa dikunjungi. Namun, ada beberapa pantai yang sangat populer, sehingga menjadikannya icon Belitung. Berikut adalah wisata pantai populer di Belitung :

1. Pantai Tanjung Tinggi

Inilah pantai yang paling populer dari berbagai pantai di Belitung. Sempat menjadi buah bibir sejak tayangnya 'Laskar Pelangi', pantai ini'pun kadang disebut sebagai Pantai Laskar Pelangi. Pantai unggulan ini berada di sebelah utara Belitung, sekitar 37 kilometer dari Tanjung Pandan. Pantai Tanjung Tinggi berpasir putih halus, air laut biru jernih dan dihiasi batuan-batuan granit super besar di sekitar pantainya. Bebatuan granit inilah yang menjadi icon khas pantai ini dimana spot foto menariknya diburu para wisatawan.
pantai tanjung tinggi
Pantai Tanjung Tinggi
 

2. Pantai Tanjung Kelayang

Meski juga ada di bagian film Laskar Pelangi, Pantai Tanjung Kelayang tidak seheboh Pantai Tanjung Tinggi. Meski begitu, Pantai Tanjung Kelayang tentu menyajikan pesona alam unik. Karakteristik Pantai Tanjung Kelayang sama dengan Pantai Tanjung Tinggi. Bedanya, batu granit di Pantai Tanjung Kelayang menyerupai bentuk burung garuda yang disebut dengan Batu Kelayang. Batu Kelayang ini merupakan maskot dari Sail Wakatobi - Belitung. Hm... sepertinya pantai ini memang cocok berada di Indonesia.
pantai tanjung kelayang
Pantai Tanjung Kelayang

3. Pantai Punai

Pantai Punai berada sekitar 93 kilometer dari pusat Kota Tanjungpandan. Jauh memang, untuk itulah pantai ini tidak seramai kedua pantai hits yaitu Pantai Tanjung Tinggi dan Pantai Tanjung Kelayang. Karakteristik Pantai Punai sama dengan pantai di Belitung yang lain dengan adanya bebatuan granit. Pantai yang sepi, karakteristik sama, namun tidak mainstream, Pantai Punai bisa menjadi tujuan.
pantai punai
Pantai Punai

4. Pantai Penyabong

Pantai Penyabong berada di Kecamatan Membalong, Belitung Selatan. Pantai Penyabong sama dengan pantai khas Belitung, yaitu adanya batu granit. Bedanya, batuan granit di Pantai Penyabong menyambung, memanjang dan menjorok ke laut. Ombak yang tidak terlalu besar membuat suasana pantai ini cocok untuk berenang maupun bersantai.
pantai penyabong
Pantai Penyabong

5. Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai berada di Desa lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Pantai yang tergolong populer ini dihiasi pepohonan pinus di sekitarnya. Pantai yang teduh ini cocok untuk rekreasi keluarga. Beberapa kegiatan menarik bisa dilakukan di atas pasir putihnya, seperti berenang, voli pantai maupun panjat tebing. 
pantai nyiur melambai
Pantai Nyiur Melambai

6. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam tidak jauh dari pusat kota Tanjung Pandan. Lokasi yang dekat dengan pusat kota membuat tempat wisata pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Bagaimana tidak, Pantai Tanjung Pendam adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati sunset sekaligus tempat nongkrong favorit masyarakat Belitung ketika senja. Meski tidak dihiasi bebatuan granit, panorama sunset di Pantai Tanjung Pendam sangat istimewa.
pantai tanjung pendam
Pantai Tanjung Pendam

Berlibur ke Belitung kini menjadi destinasi wisata yang menarik. Masih ada beberapa pantai di Belitung yang bisa dikunjungi, tapi pantai populer yang bisa mengatakan anda ada di Belitung, harus lebih dulu dikunjungi untuk menyempurnakan liburan anda.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "6 Pantai Cantik di Belitung yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar