7 Pantai Terindah di Aceh yang Wajib Dikunjungi

Wisata Pantai Terindah di Aceh. Aceh merupakan provinsi paling barat di Indonesia, tepatnya di Pulau Sumatra. Aceh adalah daratan yang dekat dengan episentrum gempa bumi, sehingga pada 26 Desember 2004, Aceh pernah diterjang bencana tsunami. Adanya tsunami sempat membuat kegiatan ekonomi wilayah ini berhenti. Dengan berjalannya waktu, sektor wisata wilayah ini mulai tumbuh. Aceh kembali menyapa masyarakat dan juga wisatawan, tentu saja untuk memperkenalkan pesona alamnya yang seolah hidup dari kematian.

Banyak tempat wisata pantai di Aceh yang menyuguhkan pemandangan alam mempesona. Meski berada di ujung barat Indonesia, Aceh menghadirkan beragam wisata pantai yang telah menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Berikut adalah tempat wisata pantai menawan di Aceh yang wajib dikunjungi :

1. Pantai Iboih

Berkunjung ke Aceh, jangan lupakan pantai satu ini. Bisa dibilang pantai Iboih adalah pantai tercantik di Aceh yang sangat terkenal. Berada di Kepulauan Weh, Kota Sabang, Aceh, pasir putih dan air laut biru cerah adalah sambutan pertama yang dihadirkan oleh Pantai Iboih. Keindahan taman bawah laut Pantai Iboih juga tidak kalah menarik. Tanpa snorkeling, pesona taman laut Pantai Iboih tetap bisa dinikmati. Tapi kurang lengkap rasanya jika tidak menyapa biota laut secara langsung di tempat wisata Pantai Iboih ini.
pantai iboih
Pantai Iboih

2. Pantai Lampuuk 

Berada sekitar 15 kilometer dari Banda Aceh, Pantai Lampuuk menawarkan pasir putih lembut dan tebing karang menjulang di ujung pantai yang sangat indah. Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata ini seperti berenang, berjemur, selancar dan juga melepas tukik di saat-saat tertentu. Garis pantai yang memanjang sekitar 5 kilometer menjadikan Pantai Lampuuk'pun disebut sebagai Pantai Kuta'nya Aceh.

Pantai Lampuuk


3. Pantai Rubiah

Pantai Rubiah berada di Sabang, barat laut Pulau Weh. Hal yang menarik dari Pantai Rubiah adalah keindahan bawah lautnya. Ada 14 dari 15 biota laut yang dilindungi di Indonesia berada di bawah laut Pantai Rubiah, untuk itulah banyak wisatawan asing yang mengunjungi tempat wisata Pantai Rubiah ini. Snorkeling maupun diving adalah hal wajib yang harus dilakukan jika ingin menikmati pesona alam Pantai Rubiah dengan sempurna. 
pantai rubiah
Pantai Rubiah

4. Pantai Batu Berlayar

Pantai Batu Berlayar berada di Kecamatan Samadua, Aceh Selatan. Pasir putih dengan air jernih serta bebetuan besar yang tersebar menambah daya tarik tempat wisata Pantai Batu Berlayar. Bagi yang hobi memancing, bisa menyalurkan hobinya di pantai ini. Memancing ditemani terpaan angin pantai yang menyapu pepohonan bakau akan menambah suasana tenang dan nyaman.
pantai batu berlayar
Pantai Batu Berlayar

5. Pantai Lhok Bubon

Pantai Lhok Bubon berada di Desa Bubon, Kabupaten Aceh Barat. Selain panorama alam pantai, tempat wisata pantai ini terkenal sebagai penghasil seafood. Beberapa wisatawan yang datang kebanyakan untuk menikmati sajian masakan laut sekaligus menikmati pemandangan pantai yang tenang. 
pantai lhok bubon
Pantai Lhok Bubon

6. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi berada di Desa Anoi Itam, Sabang. Pantai Anoi Itam adalah pantai satu-satunya yang berpasir hitam. Meski berpasir hitam, air laut yang jernih akan menjadi sajian utama ketiak berwisata di pantai ini. Pesona alam Pantai Anoi Itam juga bisa dinikmati dari atas bukit dimanan akan tampak panorama alam yang menakjubkan. 
pantai anoi itam
Pantai Anoi Itam

7. Pantai Kasih

Pantai Kasih berada di Sabang dan tidak jauh dari pusat kota. Berbeda dengan Pantai Anoi Itam, pasir Pantai Kasih berstektur halus dan putih. Tempat yang luas menjadikan lokasi Pantai Kasih cocok untuk voli pantai, bermain bola,  camping dan kegiatan lainnya. Bermain sore di Pantai Kasih sangat cocok dilakukan sembari menanti sunset. Momen terbenamnya matahari adalah momen yang selalu ditunggu para wisatawan ketika mengunjungi Pantai Kasih.
pantai kasih
Pantai Kasih
 
Itu adalah 7 pantai indah di Aceh yang bisa dikunjungi mulai dari keindahan pesona alam, bawah laut, kuliner hingga sunset. Meski sebagian tempat wisata pantai di Aceh pernah diluluh lantakkan oleh tsunami, namun sepertinya trauma telah hilang dan pantai-pantai eksotispun siap mengundang.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "7 Pantai Terindah di Aceh yang Wajib Dikunjungi"

Posting Komentar