Menyusuri 5 Pantai Cantik di Pesisir Sumbawa

Wisata Pantai di Sumbawa. Apa yang dibenak anda ketika mendengar kata Sumbawa?, sebuah pulau dengan perbukitan gersang?, atau susu kuda liar?. Ya.. itu semua memang identik dengan Pulau Sumbawa. Namun, Pulau Sumbawa menyimpan pesona lain yang mungkin belum diketahui banyak orang. Sumbawa perlu bersyukur karena berada di letak geografis yang tepat sehingga mempunyai banyak pantai menarik dengan pesona yang tak kalah cantik dengan tetangga sebelah, Pulau Lombok. 

Meski kurang populer dan jarang dikunjungi wisatawan, ada beberapa pantai menarik yang layak dikunjungi ketika berada di Pulau Sumbawa. Berikut adalah pantai cantik di Pulau Sumbawa :

1. Pantai Poto Nano

Poto Nano dikenal sebagai pelabuhan Pulau Sumbawa sekaligus pelabuhan terindah di Indonesia. Kenapa?, itu karena panorama di pelabuhan ini sangat memikat mata. Perbukitan gersang dan pulau-pulau kecil akan menyapa begitu kapal tiba di Pelabuhan Poto Nano. Selain menjadi jantung tujuan wisata ke pulau-pulau di sekitarnya, pantai di Pelabuhan Poto Nano tidak boleh dilewatkan begitu saja. Pantai bening dengan pasir putih bersih di sisi pelabuhan terindah di Indonesia ini, bisa dinikmati sebelum memulai petualangan menjelajahi Pulau Sumbawa. 
pantai poto nano
Pantai Poto Nano
  

2. Pantai Poto Batu 

Pantai Poto Batu berada di Jereweh, Kabupaten Sumbawa. Berbeda dengan Poto Nano, Pantai Poto Batu dikenal karena ada bangunan karang yang unik di lautnya. Batu karang besar tersebut berlubang menyerupai gua dan menembus sisi yang lain. Jika air laut surut, menyepi atau sekedar bertapa di dalam gau karang juga bsia dicoba. Ombak yang kuat, suana yang jauh dari keramaian akan membuat siapapun betah berlama-lama menikmati pantai unik ini.
pantai poto batu
Pantai Poto Batu

3. Pantai Maluk

Wisata Pantai Maluk berada di Kecamatan Maluk, Sumbawa Barat. Pantai luas yang sejatinya sebuah teluk ini merupakan salah satu tempat selancar terbaik di Indonesia. Ombak Pantai Maluk yang dijuluki super suck sudah terkenal di berbagai penjuru dunia. tak heran kejuaraan selancar tingkat Internasional banyak digelar di Pantai Maluk. Pantai yang sangat populer ini menyajikan bentangan air berwarna biru dan hijau tosca dengan si super suck yang mengalun indah. Terbayang bagaimana rasanya ngadem menanti sunset di teluk indah ini.
pantai maluk
Pantai Maluk

4. Pantai Rantung

Pantai Rantung berjarak sekitar 12 kilometer dari Pantai Maluk. Pantai Rantung masih sangat sepi dan alami. Meski berbeda dengan Pantai Maluk dari segi pariwisata, ada kesamaan diantara kedua pantai tersebut yaitu dari segi selancar. Ombak di Pantai Rantung sangat cocok untuk olahraga selancar meski tetap tampak sepi. Bagi yang suka selancar yang jauh dari keraiaman, Pantai Rantung adalah destinasi yang tepat. Berselancar dan bermain-mainlah sepuasnya di pantai pribadi ini.
pantai rantung
Pantai Rantung

5. Pantai Sekongkang 

Pantai Sekongkang berjarak 3 kilometer dari Pantai Rantung, tak heran karakteristik kedua pantai ini sama yaitu masih sangat alami, sepi serta ombak yang aduhai. Meski letaknya tersembunyi di sudut barat daya Sumbawa, Pantai Sekongkang tidak luput dari turis mancanegara penggemar olahraga surfing. Jika ada super suck di Pantai Maluk, maka 'Ombak Yoyo' adalah penghuni Pantai Sekongkang yang juga dipakai sebagai lokasi kejuaraan selancar Internasional. Ingin mencoba si 'ombak yoyo'?.
pantai sekongkang
Pantai Sekongkang
 
Itulah lima pantai cantik di Sumbawa yang bisa menjadi alterntif liburan maupun berselancar. Bila merindukan suasana pantai yang eksotis, cobalah Pulau Sumbawa. Bersebelahan dengan pulau-pulau eksotis seperti Lombok dan Flores, keindahan pantai-pantai di Pulau Sumbawa pastinya berbeda.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Menyusuri 5 Pantai Cantik di Pesisir Sumbawa"

Posting Komentar