Pantai Tanjung Tinggi Belitung - Dekapan Mesra Negeri Laskar Pelangi

Pantai Tanjung Tinggi Belitung. Pulau Belitung pasti mengingatkan pada film layar lebar berjudul 'Laskar Pelangi' yang booming pada tahun 2008. Film itu pula yang membuat Belitung dilirik wisatawan dari berbagai belahan dunia. Belitung yang dulu hanya terkenal sebatas tetangga pulau Bangka'pun mulai melejit. Berbagai pesona alam yang selama ini tersembunyi mulai membuat siapapun jatuh cinta. Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai paling terkenal di Belitung. Berjuluk Pantai Laskar Pelangi, pantai ini menjadi ciri khas Belitung.
pantai tanjung tinggi
Pantai Tanjung Tinggi
Tempat wisata Pantai Tanjung Tinggi berada di sebelah utara Belitung, tepatnya di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung, Indonesia. Berada sekitar 37 kilometer dari pusat kota  Tanjungpandan.

Pantai Tanjung Tinggi Belitung berbentuk teluk kecil, diapit oleh Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam. Pantai Tanjung Tinggi memiliki pasir putih dan air laut biru bening yang tenang, nyaris tanpa ombak. Melihatnya, akan membuat siapapun tergoda untuk bermain dan berlarian di pantai ini.

Di tepian pantainya berjajar puluhan batuan granit dari ukuran kecil hingga besar yang menjadi daya tarik utama Pantai Tanjung Tinggi. Bebatuan granit inilah yang menjadi ciri khas pantai di Belitung, dimana  telah menjadi spot menarik yang dicari para photografer. Suasana yang masih segar, bersih dan alami akan membuat enggan untuk beranjak dan menikmati pantai lebih lama.
pantai tanjung tinggi
Batuan Granit Pantai Tanjung Tinggi
Tidak hanya menikmati pesona alamnya yang tenang, berbagai aktifitas bisa dilakukan seperti berjemur, berenang, memancing, snorkeling, jetsky dan kano. Pasang-surut air laut di Pantai Tanjung Tinggi nyaris tidak berbeda. Gelombang air yang kecil dan lambatnya arus air menjadikan tempat ini sangat aman untuk berenang. Di area dangkal, ratusan ikan dan lamun akan menyambut pengunjung. Namun, jika ingin melihat keragaman terumbu karang, menyelamlah agak ke tengah. Sebagian terumbu karang di perairan dangkal kebanyakan mati karena kering yang disebabkan pasang-surut air, sedangkan pada bagian lebih dalam, keragaman bawah laut wisata pantai Tanjung Tinggi bisa dinikmati meski tidak begitu luas. 

Selesai menjelajahi Pantai Tanjung Tinggi, jangan lupakan sunset yang istimewa. Menikmati sunset sambil duduk di sebuah batu granit besar akan menjadi cerita perjalanan yang penuh kenangan manis. Saat itu, jangan berharap matahari tidak pernah benar-benar tenggelam, karena suasana romantisnya. 

Menjadi pantai andalan di Belitung yang sangat fenomenal, tempat wisata Pantai Tanjung Tinggi dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai. Ada warung makan, toilet umum, persewaan jetsky dan kano. Bagi yang kurang puas menikmati pesona Pantai Tanjung Tinggi, tersedia penginapan di dekat pantai mulai dari homestay dan hotel berbintang. 

Jadi, masih melihat Pantai Tanjung Tinggi di layar lebar saja?, check it out guys!.

Share :

Facebook Twitter Google+

1 Response to "Pantai Tanjung Tinggi Belitung - Dekapan Mesra Negeri Laskar Pelangi"

  1. Terlihat berbeda dengan pantai-pantai lain di Indonesia, ini batunya besar-besar ya. Sangat eksotis !

    BalasHapus