Pantai Sanur - Pesona Sunrise Beach Pulau Bali

Pantai Sanur Bali. Jika Pantai Kuta adalah sunset beach, maka inilah sunrise beach, pantai Sanur. Pantai Sanur adalah salah satu pantai di Bali yang menawarkan keindahan matahari terbit. Letaknya yang berada di sebelah timur Bali menjadikan tempat ini lokasi yang cocok untuk menikmati matahari terbit. Topografinya melengkung dengan hamparan pasir putih yang eksotis dan laut yang tenang membuat gugusan pantai yang elok. Karena ombak yang cukup tenang, wisatawan tidak bisa surfing layaknya di Pantai Kuta.
pantai sanur
Pantai Sanur
Di sepanjang pantai Sanur merupakan tempat yang pas untuk menikmati sunrise. Sudah dibangun pondok-pondok mungil semacam gazebo bisa dijadikan tempat duduk-duduk sembari menunggu matahari terbit. Selain di gazebo, anda bisa menunggu sunrise sambil berenang di pantai Sanur dengan ombak yang relatif tenang dan aman ini.

Selain menikmati keindahan matahari terbit di pantai Sanur, anda bisa berenang, kano, jet sky, menyelam, snorkeling dan seawalker. Seawalker adalah aktivitas berjalan di dalam air menggunkan helm kedap air dan akan menyelam di kedalaman 6 meter. Aktivitas seawalker di pantai Sanur masih tergolong mahal yaitu sekitar Rp.625.000/orang.

Lokasi Pantai Sanur

Pantai Sanur terletak di desa Sanur, kecamatan Denpasar,sebelah timur kota Denpasar, Bali. Lokasinya 6 kilometer dari Denpasar, 16 kilometer dari Bhandara Ngurah Rai

Akses

Menuju ke pantai Sanur dapat dicapai dengan kendaraan pribadi. Kendaraan umum (bemo) juga ada di sepanjang Sanur-Denpasar. Jalan utama di Sanur adalah Jl. Danau Tamblingan. Di sepanjang jalan tersebut terdapat banyak penyewaan mobil dan motor.

Sejarah Pantai Sanur

Pantai Sanur sudah dikenal dalam sejarah Bali kuno dalam prasasti Rasa Kasari Warmadewa, Raja di Singhadwala tahun 917 M. Pada masa kolonial Belanda, pantai Sanur menjadi tempat pendaratan tentara Belanda ketika akan menyerang kerajaan Badung yang dianggap membangkang pada pemerintah kolonial. Perang Puputan Bandung yang terjadi tanggal 18 November 1906 adalah perang sampai  mati yang dipraktekkan oleh Raja Badung dan pengikutnya.
Baca : Keunikan Pantai Ngobaran - Perpaduan Keindahan Alam dan Budaya
Sunrise Pantai Sanur
Pantai Sanur dikenal dunia Internasional setelah pelukis Belgia bernama A.J.Le Mayeur datang ke Bali tahun 1032. Le Mayeur mendirikan sanggar melukis di pantai Sanur karena melihat daya tarik pantai Sanur yang sangat indah. el Mayeur menikah dengan gadis Bali Ni Nyoman Pollok, seorang penari Legong yang juga model lukisannya. Melalui lukisan Le Mayeur tersebut, pantai Sanur mulai dikenal dunia Internasional. Sanggar lukis tersebut kini menjadi Museum Le Mayeur.

Kawasan pantai Sanur merupakan kawasan pengembangan wisata pertama di Bali dengan adanya hotel berbintang pertama di Bali yaitu Inna Grand Bali Beach Hotel.

Fasilitas

Di sepanjang pantai Sanur sudah dilengkapi berbagai macam penunjang wisata seperti hotel,resort, vila, restoran, kafe-kafe kecil. Selain itu banyak terdapat art shop, money changer, mini market. Di sepanjang garis pantai sudah dibangun area untuk pejalan kaki yang seringkali digunakan untuk jogging oleh para wisatawan.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Sanur - Pesona Sunrise Beach Pulau Bali"

Posting Komentar