5 Pantai Eksotis di Sawarna yang Wajib Dikunjungi

Pantai Sawarna Banten. Nama Sawarna kini mulai dikenal para wisatawan sejak pesona wisata alam'nya diekspose di internet. Tak berbeda dengan Gunung Kidul, Yogyakarta, Sawarna menyimpan beberapa tempat wisata alam yang lokasinya berdekatan yang semuanya disebut dalam kawasan Pantai Sawarna. Kawasan Pantai Sawarna yang terkenal eksotis ini bisa dinikmati siapapun yang ingin merasakan sensasi petualangan alam yang mengesankan.

Sawarna merupakan nama sebuah desa yang berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Tempat wisata Pantai Sawarna bisa dicapai dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. 
Berikut rute menuju ke Pantai Sawarna Banten :
  1. Dari Jakarta melalui jalur timur : Tol Jagorawi - Ciawi - Cibadak - Pelabuhan Ratu - Sawarna.
  2. Dari Jakarta melalui jalur barat : Tol Merak - Serang Timur - Pandeglang - Gunung Kencana - Malingping - Bayah - Sawarna.
Jika menggunakan tranportasi umum bisa naik bus jurusan Pelabuhan Ratu dan dilanjutkan dengan elf menuju Sawarna. Kendaraan umum menuju Desa Sawarna beroperasi sampai jam 5 sore. 

Sawarna memiliki beberapa tempat wisata alam pantai yang bisa dikunjungi, beberapa pantai tersebut yaitu :

1. Pantai Ciantir

Pantai Ciantir bisa dibilang surganya para surfer ketika berada di Sawarna. Pantai Sawarna yang berhadapan dengan Samudra Hindia menyajikan deburan ombak khas pantai selatan. Ombak yang tinggi, pantai yang luas, bersih dan aman dari batu karang membuat Pantai Ciantir cocok untuk melakukan berbagai manufer surving.
pantai ciantir
Pantai Ciantir

2. Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar adalah pantai fenomenal di Sawarna karena adanya batu karang yang menyerupai layar dan anda juga bisa berjalan ke batu layar jika kondisi air laut surut. Barisan batu karang pemecah ombak ini sangat eksotis dinikmati menjelang sunset.
pantai tanjugn layar
Pantai Tanjung Layar

3. Pantai Legon Pari

Pantai Legon Pari memiliki garis pantai yang lebar membentang hingga 4 km. Letaknya yang berada di balik bukit akan memaksa wisatawan merasakan sensasi naik-turun tanjakan perbukitan. Namun jika tidak ingin capek berjalan, bisa memakai jasa ojek di Desa Sawarna untuk menuju Pantai Legon Pari.
Kondisi pasir yang lembut berwarna putih, ombak yang relatif aman, batu karang yang tidak terlalu tinggi membuat tempat ini cocok untuk memancing, bermain-main di pantai sekaligus menikmati sunrise.
pantai legon pari
Pantai Legon Pari

4. Pantai Karang Taraje

Sesuai namanya, Pantai karang Taraje merupakan pantai paling timur di Sawarna yang dihiasi dengan pinggiran batu-batu karang. Hempasan ombak pantai selatan ke barisan karang menjadi daya tarik pantai ini. Kondisi pantai yang berkarang membuat pantai ini tidak cocok untuk berenang namun, beberapa spot fotografi menarik bisa anda dapatkan disini. 
pantai karang taraje
Pantai Karang Taraje

5. Pantai Karang Beureum

Karakteristik Pantai Karang Beureum adalah adanya karang yang menyerupai benteng yang cenderung berwarna merah. Bermain di pantai ini lebih aman daripada di KarangTaraje meski beberapa batu berlumutnya cukup licin. Anda bisa menikmati air terjun Pantai Karang Beureum yang tercipta dari deburan ombak. Menikmatinya'pun bisa anda lakukan secara alami yaitu dengan duduk di batu karang yang menyerupai tempat duduk yang sepertinya memang diciptakan untuk menikmati benteng karang.
pantai Karang berureum
Pantai Karang Taraje
Ada beberapa homestay di Sawarna yang bisa anda pilih untuk menghabiskan waktu berwisata di Sawarna. Pantai Sawarna merupakan pantai paling indah di Banten yang tidak ramai pengunjung sehingga anda tidak perlu ragu untuk menghabiskan waktu liburan di wisata pantai tersembunyi ini.

Share :

Facebook Twitter Google+

3 Responses to "5 Pantai Eksotis di Sawarna yang Wajib Dikunjungi"

  1. baru denger Sawarna...seems like nice beaches though!

    BalasHapus
  2. Jakarta sawarna pakai.motor sudah biasa . Top speed 4.30jam pas hari lebaran ke 2 .jalan jam 1 dinihari sampai subuh.

    BalasHapus