Keunikan Air Terjun di Pantai Jogan yang Memukau

Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai Jogan merupakan Tempat Wisata di Gunung Kidul yang paling istimewa, karena mempunyai keunikan yaitu air terjun yang jatuh dari atas tebing ke bibir laut yang jarang ditemui di daerah wisata pantai lain di Indonesia. Air terjun ini berasal dari perbukitan karst yang berada di belakang pantai. Pantai Jogan terdiri dari tebing yang lumayan tinggi dengan dinding pantai tebing tajam dan bebatuan koral yang tertata rapi.
pantai jogan
Pantai Jogan
Untuk bisa menikmati guyuran air terjun pantai Jogan, wisatawan harus turun ke bawah yang cukup licin melewati turunan bukit kapur di sebelah kanan air terjun. Sudah ada kayu yang dipasang untuk berpegangan sekaligus menopang tubuh ketika turun. Saat menuruni bukit, wisatawan akan melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting berwarna transparan, bukan dari koloni kepiting merah berbahaya. 

Menuruni tebing dengan teknik canyoning juga cukup menantang untuk dilakukan. Setelah sampai di bawah, wisatawan bisa menikmati keindahan air terjun pantai Jogan yang mengalir seperti tirai yang sangat menyejukkan. Memandang horizon samudra Indonesia di depan dengan gulungan ombak yang menakjubkan dan juga gemuruh air terjun di belakang. Ini adalah momen yang tepat untuk dinikmati di Pantai Jogan.
Keindahan air terjun pantai Jogan paling menarik ketika dikunjungi saat musim penghujan. Saat musim kemarau, debit air sangat rendah, selain itu aliran airnya juga digunakan untuk kebutuhkan masyarakat lokasi.
 

Lokasi Pantai Jogan

Pantai jogan terletak di Desa Purwodadi, kecamatan tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 70 kilometer dari kota Jogja, 200 meter ke arah barat Pantai Siung.
 

Transportasi

  1. Untuk kendaraan pribadi menggunakan jalur Yogyakarta - Wonosari - Tepus - Purwodadi - Pantai Jogan. Ada petunjung yang dipasang di sepanjang jalan untuk menuju ke Pantai Jogan.
  2. Untuk angkutan umum dari terminal Giwangan naik bus jurusan Jogja-Wonosari. Dari Wonosari naik angkutan jalur Wonosari-Tepus. Dari Tepus hanya bisa menggunakan jawa ojek sewaan.
Kondisi jalan berupa aspal dan mendekati lokasi berubah menjadi cor blok sepanjang kurang lebih 1 kilometer namun dapat dilalui kendaraan roda 2 dan roda 4.
 

Fasilitas

Fasilitas di sekitar Pantai Jogan masih minim. Hanya ada tempat parkir yang luas dan beberapa warung makanan dan minuman.


Tips Mengunjungi Pantai Jogan :
  1. Berhati-hatilah ketika musim hujan dan saat keadaan laut sedang pasang.
  2. Pastikan bahan bakar terisi penuh karena pom bensi tidak cukup tersedia di lokasi.
  3. Bawalah tikar untuk bersantai di tepi pantai.
  4. Jangan datang ketika musim kemarau karena air di sekitar pantai kering dan air terjun otomatis mati.
Baca Juga : 

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Keunikan Air Terjun di Pantai Jogan yang Memukau"

Posting Komentar