Pantai Pok Tunggal dengan Keunikan dan Keindahan Menawan

Pantai Pok Tunggal Yogyakarta. Kabupaten Gunungkidul memang meyimpan berbagai wisata pantai indah nan unik. Selain Pantai Jogan yang mempunyai keunikan dengan adanya air terjun, Pantai Pok Tunggal juga memiliki keunikan dengan adanya satu pohon Duras yang tumbuh rindang di bibir pantai dan menjadi ikon pantai ini. Pohon langka inilah yang konon menginspirasi masyarakat memberi nama Pok Tunggal pada pantai ini yang berarti "Pohon Tunggal". 
pohon duras pantai pok tunggal
Pantai Pok Tunggal
Selain keunikan Pohon Duras, satu lagi yang unik dari Tempat Wisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta ini adalah adanya mata air tawar di bawah pohon ambal yang berasal dari aliran sungai bawah tanah khas daerah karst dan sumber air ini telah menjadi sumber air bagi penduduk setempat.
Pantai Pok Tunggal menyuguhkan panorama hamparan pasir putih dan perbukitan karst, ombak pantai yang tenang, gugusan batu karang di sebelah timur dan barat yang kokoh menjulang serta pepohonan teduh di pinggir pantai. Pesona tebing-tebing tinggi yang berdiri tegak lurus mencapai sekitar 50 meter tampak membentengi pantai. Di antara tebing-tebing itu kadang dijumpai primata liar yang hidup disana.

Momen yang tidak boleh dilewatkan di tempat wisata Pantai Pok Tunggal adalah ketika sunset. Tak jarang wisatawan berkemah di lokasi ini untuk menghabiskan malam di tepi pantai.

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 70 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Lokasinya terletak di antara Pantai Pulang Syawal (Pantai Indrayanti) dan Pantai Siung.

Akses

Akses jalan sudah beraspal baik. Namun, sebelum pantai Pok Tunggal, jalan masih berupa tanah berbatu, cukup sulit, sempit dan banyak belokan. 
Rute ke tempat wisata Pantai Pok Tunggal dari Yogyakarta :
  1. Yogyakarta - Piyungan - Patuk, Sambipitu - Arah hutan Bunder - Gading - Logandeng - Siyono - Bundarah Tugu BPD - Jl. Kyai Legi - Jl.Lingkar Selatan - Jl. KRT Djojodinigrat - Jl. Girisubo - Wonosari - Jl. Saptosari - Tepus - Pok Tunggal.
  2. Yogyakarta - Imogiri, Panggang - Jl. Saptosari - Tepus arah ke Pantai Baron. Dari pertigaan sebelum pantai Baron ambil kiri ke arah Pantai Indrayanti dan ambil kiri sampai di pos retribusi. Beberapa meter dari pos akan nampak papan petunjuk menuju Pantai Pok Tunggal.
Belum ada kendaraan umum yang langsung menuju Pantai Pok Tunggal. Dari Terminal Wonosari bisa menaiki ojek dengan harga yang disepakati.

Fasilitas

Beberapa fasilitas sudah cukup memadai seperti tempat parkir, penyewaan payung pantai dan tenda dome untuk camping, beberapa warung makan, tempat istirahat seperti gazebo dan juga toilet umum.

Baca Juga :
Keunikan Air Terjun di Pantai Jogan yang Memukau


Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Pok Tunggal dengan Keunikan dan Keindahan Menawan"

Posting Komentar