Gili Trawangan - Surga Impian Wisatawan Dunia

Pulau Gili Trawangan Lombok. Gili Trawangan adalah salah satu pulau yang paling terkenal di Lombok. Merupakan pulau terbesar dari 3 pulau kecil yang ada di sebelah barat Lombok. Gili Trawangan sangat terkenal di kalangan turis domestik maupun mancanegara. Selain menyuguhkan pemandangan yang luar biasa, fasilitas di pulau ini'pun berstandar Internasional dan disesuaikan dengan kebutuhan turis mancanegara. Itu sebabnya pulau ini kerapkali disebut sebagai surga Pulau Lombok.
Gilil Trawangan
Pulau Gili Trawangan diapit oleh dua pulau lagi yaitu Gili Air dan Gili Meno. Anda juga bisa menikmati keindahan dua gili lain dengan menaiki perahu  sekitar 15 menit. Di kedua pulau ini, keindahan biota laut juga tidak kalah indah dengan Gili Trawangan. 

Gili Trawangan memiliki alam bawah laut yang sangat indah. Air berwarna biru hijau menghiasi lautnya yang jernih. Wisatawan bisa menikmati keindahan bawah laut hanya dari atas kapal saja. Jika ingin menikmati bawah lautnya dengan maximal, cobalah untuk menyelam. Anda bisa snorkeling maupun scuba diving yang cukup populer di kalangan wisatawan mancanegara. Aneka terumbu karang dan biota laut berwarna warni akan ditemui disana. 
Bawah Laut Gili Trawangan
Memiliki pantai yang menghadap ke Barat dan Timur merupakan keunikan Gili Trawangan. Jarak antara kedua pantai tersebut tidak terlalu jauh dan Anda bisa menikmati sunrise maupun sunset yang indah di satu pulau saja. 

Di Gili Trawangan, kendaraan bermotor dilarang beroperasi. Wisatawan bisa mengggunakan transportasi sepeda dan cidomo (kereta kuda khas Lombok). Itu sebabnya udara di Pulau Gili Trawangan sangat sejuk karena masih terjamin kebersihannya. 

Anda sepanjang hari bisa menikmati keindahan laut dan pantai yang sangat mempesona. Ketika malam hari hingga dini hari, suasana 'pesta' malam khas modern akan ditawarkan di bar dan cafe yang ada disini. 

Lokasi

Pulau Gili Trawangan berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pulau ini masuk dalam Desa Gili Indah, Kabupaten Lombok Barat. Pulau Gili Trawangan memiliki panjang 3 km dan lebar 2 km.

Akses

Rute menuju Gili Trawangan tidak begitu sulit. Dari Kota Mataram atau Bhandara bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum ke Bangsal yang memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Anda bisa naik engkel dari Cabang 4 Pasar Rembiga, 200 m dari bekas Bandara Selaparang dan turun di pertigaan Bangsal. Selanjutnya bisa dengan berjalan kaki sekitar 100 m atau naik cidomo. 

Sesampainya di Bangsal, kendaraan pribadi harus diparkir di pelabuhan tersebut. Selanjutnya tinggal membeli tiket public boat ke Gili Trawangan yang menempuh waktu sekitar 2-2,5 jam dengan keberangkatan terakhir sekitar jam 4 sore.

Anda bisa juga menuju Gili Trawangan melalui Teluk Kodek menggunakan fast boat dan juga melalui Nusa Lembongan atau Sanur dengan kapal cepat juga. 

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Gili Trawangan sangat beragam dan berstandart Internasional. Gili Trawangan adalah satu-satunya pulau yang memiliki Bar Irlandia. Terdapat beberapa cafe, penginapan murah hingga resort bintang lima tersedia disini. 
Resort Gili Trawangan
Anda yang ingin menikmati keindahan pantai bisa menyewa kapal dan juga alat snorkeling. Anda juga bisa menyewa sepeda atau naik cidomo untuk mengelilingi pulau Gili Trawangan.

Selain pesta pantainya,  bermacam-macam event juga diselenggarakan tiap malam di Gili Trawangan dengan jadwal tersendiri. Seperti kesenian beladiri tradisional bernama Presean atau stick fighting yang dipertontonkan di sekitar pasar seni.
Pasar seni di Gili Trawangan mulai ramai saat senja hingga malam. Pasar seni hanya sebuah jalan besar yang menghadap ke pantai tengah Gili Trawangan dengan kios-kios di sepanjang jalannya.


Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Gili Trawangan - Surga Impian Wisatawan Dunia"

Posting Komentar