Keelokan Pantai Menganti Kebumen - New Zeland'nya Jawa Tengah

Pantai Menganti Kebumen. Pantai Menganti merupakan salah satu pantai terindah di Kebumen, Jawa tengah. Pemandangan alam di pantai Menganti sangatlah indah. Dikelilingi perbukitan hijau dipadu dengan pasir putih dan air laut yang biru membuat pemandangan di pantai Menganti layaknya New Zeland. 
pantai menganti
Pantai Menganti
Pantai Menganti memiliki jajaran pohon kelapa di pesisir pantai dan juga tebing pantai raksasa yang tinggi di bagian barat yang dikenal dengan Tebing Bidadari. Jika musim hujan tiba, tebing-tebing di sebelah barat tersebut dihiasi empat air tejrun yang mengucur dari ketinggian lebih dari 30 meter. 

Sedangkan di sebelah timur - tenggara pantai menganti terdapat menara mercusuar buatan Belanda setinggi 20 meter dan Tanjung Karangbata. Tanjung Karangbata yang rindang, wisatawan bisa melihat luasnya hamparan biru Samudara Hindia , lekukan bukit karang yang membentang dan keindahan pantai yang sangat menyejukkan mata.
Perahu-perahu nelayan yang berjejer menimbulkan suasana khas pantai. Ombak yang tak hentinya menerpa karang-karang di pasir putih. Banyaknya sudut yang bisa di explore membuat wisatawan betah untuk berlama-lama menikmati suasana alam pantai Menganti Kebumen.

Lokasi Pantai Menganti

Pantai Menganti terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, sekitar 35 kilometer dari Kecamatan Gombong dan 42 kilometer dari kota Kebumen

Akses

Lokasinya yang ada di balik bukit karst dan hutan, pantai Menganti belum bisa dijangkau dengan transportasi umum. Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi, lebih baik sepeda motor karena medan berlekok dan curam sangat susah dilalui.
Baca : Pantai Pangandaran - Cantiknya Pantai Terbaik Pulau Jawa
Jika dari Jakarta bisa naik kereta api ke arah Jogja lalu turun di stasiun Gombong terlebih dahulu. Dari Gombong, mengambil ke arah Puring, ambil arah kanan menuju pantai Suwuk dan dilanjutkan menuju pantai Menganti, rute ini sekitar 38 kilometer. Atau dari Gombong menuju ke arah barat menuju pantai Loegending lalu pilih jalur naik ke arah pantai Menganti Kebumen. Rute ini lebih panjang dari rute pertama.

Fasilitas

Di atas Tanjung Karangbata sudah ada gubuk-gubuk kecil yang disewakanuntuk berteduh dari sengat matahari. Selain itu terdapat tempat parkir, warung makan, home stay, villa, mushola dan MCK. 


Postingan populer dari blog ini

Pantai Nglambor - Sensasi Snorkeling di Laut Selatan Yogyakarta

Pantai Slopeng - Pesona Pantai Bukit Pasir Madura

Pulau Tidung - Wisata Pilihan Favorit Kepulauan Seribu