Keunikan Pantai Ngobaran - Perpaduan Keindahan Alam dan Budaya

Pantai Ngobaran Yogyakarta. Pura di atas tebing merupakan tempat peribadatan umat Hindu tidak hanya ditemui di Bali. Ada tempat wisata pantai di Jogja dengan pura di atas tebing yang pemandangannya tak beda jauh dengan pantai Uluwatu di Bali. Ya, Pantai Ngobaran namanya. Pantai Ngobaran Yogyakarta adalah tempat wisata pantai dengan keindahan alam sekaligus tempat peribadatan yang tidak ditemukan di tempat wisata pantai lain di Yogyakarta.
pantai ngobaran
Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran menawarkan pesona keindahan alam sekaligus adat budaya. Hamparan pasir putih, gulungan ombak yang bergulung mesra membelai karang berselimut rumput laut hijau dan deretan pohon pandan laut merupakan pemandangan khas pantai yang bisa dinikmati di Pantai Ngobaran.

Keunikan yang bisa dinikmati wisatawan yaitu ketika laut surut sekitar  pukul 06.00 - 11.00. Hamparan rumput laut berwarna hijau dan clokat hidup bersama di atas terumbu karang. Hewan-hewan laut seperti ikan, kerang dan landak laut menjadi salah satu kuliner yang dijajakan di tempat wisata Pantai Ngobaran.
Pesona adat budaya juga tampak di pantai Ngobaran. Dapat ditemui bangunan Joglo tempat peribadatan aliran Kejawan, masjid tempat peribadatan umat muslim dan pura tempat peribadatan umat Hindu yang terletak di atas bukit sebelah barat. Selain itu terdapat beberapa arca yang digunakan untuk tempat upacara keagamaan tertentu.
pantai ngobaran
Pura Pantai Ngobaran

Lokasi

Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa yogyakarta, sekitar 65 kilometer dari Yogyakarta.

Akses Pantai Ngobaran

Rute pantai Ngobaran yang bisa dilalui yaitu : Yogyakarta - Kota Wonosari - Paliyan - Trowono - Pantai Ngobaran. Untuk lebih jelasnya telusuri  jalan Yogyakarta - Wonosari - Piyungan - Tikungan Bokong Semar - Hargodumilah - Patuk - Tikungan Irung Petruk dimana ada jembatan yang memotong tikungan ini - Sambi pitu - Hutan Tleseh - Lapangan Udara Gading - Pertigaan Gading ke kanan arah Playen Paliyan lalu ke selatan menuju Trowono - PUSIKLAT TNI AD - Hutan Sodong.

Sebelum masuk Trowono akan melewati telaga Namberan - Pasar Trowono ambil arah ke selatan - Kelurahan Kanigoro Saptosari - Pertigaan ambil ke kanan, ke arah tempat wisata Pantai Ngobaran.

Fasilitas

Fasilitas di wisata Pantai Ngobaran belum cukup memadai. Belum ada penginapan, sehingga wisatawan hanya bisa berkunjung saat siang hari. Fasilitas yang tersedia antara lain kamar mandi, tempat ibadah,warung makan dan tempat parkir. Wisatawan bisa memperoleh rumput laut dengan harga yang relatif murah. Selain itu berbagai jenis karangan juga dijual seperti karangan simbar untuk bahan membuat kerupuk, karangan lumut dan karangan ager untuk membuat agar-agar.

Baca Juga :

Pantai Pandawa - Keunikan Secret Beach Pulau Bali
Pulau Merah - Primadona Pantai Selatan Banyuwangi


Share :

Facebook Twitter Google+

2 Responses to "Keunikan Pantai Ngobaran - Perpaduan Keindahan Alam dan Budaya"

  1. pemandangannya aja kerennya gitu siapa yang ngak mau kesana. mantap sob pemandangannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya,, adat budayanya jg sangat menarik,,

      Hapus