Eksotisme Panorama Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep Malang. Pantai Ngliyep Malang merupakan salah satu wisata di Malang yang sangat eksotis dan lebih dahulu dikenal wisatawan sebelum Pantai Balekambang dan Pantai Sendangbiru. Nama 'Ngliyep' sendiri berasal dari bahasa jawa 'liyep-liyep' yang mempunyai arti bahwa setiap orang yang melihat pantai akan merasa ngantuk dan tertidur. Apakah benar begitu?
Pantai Ngliyep
Dengan area sekitar 10 Ha, Pantai Ngliyep memiliki hamparan pasir putih dengan sebutan 'pasir panjang' yang lembut dan area bermain luas. Pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing curam dan hamparan hutan tropis di sekitarnya. Gelombang ombak yang ganas menerjang pantai cukup menarik untuk dinikmati sambil merasakan angin laut berhembus menerjang pepohonan rindang di sekitar pantai. Perpaduan pantai, tebing dan hutan lindung menjadikan pantai ini memiliki landscape yang menakjubkan. Suasana pantai yang masih alami dan sunyi akan menjadikan wisatawan seakan-akan berada di pantai pribadi.


Wisatawan bisa berenang dan bermain-main di area pasir putih, namun harus diingat untuk menaati peraturan dari pengelola untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Baca : Kolam Alami Wisata Pantai Kedung Tumpang Tulungagung
Ada sebuah pulau kecil bernama Gunung Kombang, berjarak sekitar 300 meter dari bibir pantai yang menurut kepercayaan masyarakat merupakan tempat ritual untuk bertemu dengan Nyai Roro Kidul. Selain terdapat petilasan untuk dikunjungi, sunset yang indah bisa dinantikan di Gunung Kombang ini.

Setiap bulan Maulud (14 Maulud), Pantai Ngliyep akan lebih ramai karena diadakan upacara Labuhan yang sudah turun temurun dilakukan oleh masyarakat sekitar. Upacara Labuhan diiringi dengan kesenian Jaranan dan juga para pengawal berpakaian adat. Sesaji akan diarak menuju Gunung Kombang melalui sebuat jembatan dari pasanggrahan Ngliyep.

Tak jauh dari Pantai Ngliyep, terdapat sebuah teluk bernama Teluk Putri yang ada di sebelah kiri. Wisatawan cukup berjalan ke kiri dan naik bukit untuk melihat pemandangan yang tak kalah indahnya. Meski hamparan pasir di Teluk Putri tidak luas, namun cukup nyaman untuk menyepi di atas pasir putihnya yang lembut.
Teluk Putri

Lokasi Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berjarak sekitar 62 kilometer di selatan Kota Malang.

Akses

Akses menuju ke Pantai Ngliyep sangat mudah dijangkau karena jalurnya telah diaspal. Membutuhkan waktu sekitar 2,5-3 jam untuk menuju ke pantai dari kota Malang. Ada 2 jalur yang bisa dilalui menuju pantai Ngliyep jika menggunakan angkutan umum, yaitu :
  1. Kode GN1 warna orange : Gadang - Ngliyep lewat Donomulyo.
  2. Kode GN2 warna putih : Gadang - Ngliyep lewat Sumbermanjing kulon (Kecamatan Pagak).

Fasilitas

Fasilitas umum yang ada di Pantai Ngliyep antara lain pasanggrahan, penginapan dan cottage.  Fasilitas lainnya di pantai ini masih perlu pengembangan yaitu tempat parkir, warung makan, toilet dan toko souvenir. Di pantai ini juga bisa digunakan untuk berkemah bagi yang menyukai kegiatan camping.

Baca Juga :

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Eksotisme Panorama Pantai Ngliyep"

Posting Komentar