Pantai Balekambang - Pesona Tanah Lot'nya Pulau Jawa

Pantai Balekambang Malang Selatan. Pantai Balekambang merupakan wisata pantai yang sangat populer dan merupakan wisata andalan di Malang. Selain menawarkan keindahan pantai, Balekambang memiliki keunikan dengan adanya pura Hindu di atas bukit yang disatukan dengan jembatan. Oleh sebab itu, tak jarang pantai ini disebut dengan Tanah Lot'nya Pulau Jawa.
pantai balekambang
Pantai Balekambang
Pasir putih terbentang sepanjang 2 kilometer berpadu dengan deburan ombak di bibir pantai Balekambang menyajikan keindahan yang unik. Di tepi pantai berjejer pepohonan yang bisa digunakan untuk berteduh kala siang menyengat. Area pasir putih yang bersih cukup nyaman untuk bermain dan olah raga. 

Wisatawan bisa berenang atau bermain-main di perairannya yang cukup landai. Pantai Balekambang terkenal dengan pusaran arus bawahnya, untuk itu wisatawan dihimbau untuk berhati-hati dengan menaati peraturan batas aman yang ditandai dengan bendera merah.
Ada 3 pulau yang terdekat dengan Pantai Balekambang yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Aanoman dan Pulau Wisanggeni. Di atas Pulau Ismoyo terdapat Pura Luhur Amerta Jati sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu pada hari raya Nyepi. Pulau ini menjorok ke pantai dekitar 70 meter dan dihubungkan dengan jembatan. Pura inilah yang membuat pantai Balekambang nampak seperti Tanah Lot Bali yang sama-sama memiliki pura di atas batu karang di tengah laut. Ritual keagamaan yang dirayakan setahun sekali di pantai Balekambang selalu dinantikan para wisatawan lokal dan luar negeri.
Pulau Ismoyo

Lokasi Pantai Balekambang

Pantai Balekambang terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berjarak sekitar 65 kilometer sebelah selatan kota Malang

Akses

Akses menuju Pantai Balekambang sangat mudah, nyaman dan beraspal mulus meski ada tanjakan menikung tajam di kawasan Jurang Mayit. Ada 2 jalur alternatif untuk menuju Pantai balekambang.
  1. Rute Malang - Kepanjen : Gondanglegi - Pagelaran - Bantur - Desa Sri Gonco - Pantai Balekambang.
  2. Rute Malang - Bululawang : Gadang - Kendalpayak - Gondanglegi - Sama seperti jalur pertama.
Perjalanan dari kota Malang menuju pantai Balekambang dibutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam. Penunjuk arah menuju Pantai Balekambang sudah jelas sehingga wisatawan tidak perlu khawatir tersesat.

Fasilitas

Fasilitas di pantai wisata Balekambang cukup lengkap seperti warung makan tradisional. restoran, penjaga pentai, toko souvenir, toilet umum, tempat parkit, camping ground, kantpr informasi, bungalow, mushola dan pendopo. Permainan seperti flying fox yang hanya buka hari Sabtu-Minggu juga tersedia bersama dengan beragam permainan untuk anak-anak seperti ayunan dan patung hewan.
Di sekitar pantai juga tersedia penginapan untuk wisatawan seperti penginapan Bamboo dan Hotel Wibisana yang menyuguhkan view pantai dan laut lepas. 

Baca Juga :
5 Pantai Menawan yang Tersembunyi di Bali
Pulau Merah - Primadona Pantai Selatan Banyuwangi


Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Balekambang - Pesona Tanah Lot'nya Pulau Jawa"

Posting Komentar