Pantai Klayar Pacitan - Pesona Keindahan Alam dan Seruling Samudra

Pantai Klayar Pacitan. Berkunjung ke Pacitan, jangan menyia-nyiakan untuk singgah ke wisata pantainya, khususnya Pantai Klayar. Pantai Klayar merupakan salah satu wisata pantai yang menyajikan sejumlah keindahan alam yang mengagumkan. Beberapa keunikan yang bisa ditemui di pantai ini adalah adanya karang raksasa, air mancur alami, bebatuan karang berbentuk unik serta fenomena seruling samudra.
pantai klayar pacitan
Pantai Klayar
Hamparan pasir putih pantai Klayar dikelilingi oleh tebing-tebing yang berpadu dengan vegetasi hijau pepohonan kelapa di kawasan pantai. Menjulangnya bukit-bukit kecil di pinggir pantai pun bisa didaki oleh wisatawan untuk melihat keindahan Pantai Klayar dari atas bukit. 
Beberapa hal unik bisa dijumpai di Pantai Klayar, salah satunya adalah seruling samudra. Seruling samudra adalah fenomena ketika cekungan yang berada di bagian bawah tebing diterjang ombak. Air laut akan menyembur ke permukaan melalui sela-sela bebatuan dan menghasilkan suara seperti seruling. 

Selain itu, tebing-tebing tinggi yang sejak lama diterjang ombak menghasilkan bentuk yang cukup unik, menyerupai Sphinx di Mesir. Wisatawan dihimbau untuk berhati-hati ketika menaiki tebing yang terjal ini. Perlu diingat juga bahwa Pantai Klayar memiliki ombak yang besar, jadi wisatawan tidak diperbolehkan berenang.

Fenomena lain yang ada di Pantai Klayar adalah adanya air mancur dari terjangan ombak yang menghantam bebatuan karang. Air laut akan masuk melalui bawah bebatuan dan menyembur ke permukaan dengan tinggi yang bisa mencapai 10 meter.
air mancur alami pantai klayar
Air Mancur Alami
sunset pantai klayar
Sunset Pantai Klayar
Menikmati sunset di Pantai Klayar merupakan hal yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Dari atas bukit di sisi barat, wisatawan akan disuguhi panorama pantai yang luar biasa dengan nuansa alami yang begitu kental di sepanjang garis horizon.

Lokasi Pantai Klayar

Pantai Klayar terletak di Desa Kalal, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah. Berada sekitar 40 kilometer ke arah barat dari kota Pacitan dan 110 kilometer dari Yogyakarta.

Akses

Pantai ini bisa diakses dengan kendaraan pribadi karena angkutan umum belum tersedia. Berikut adalah rute menuju Pantai Klayar Pacitan :
  1. Dari Pacitan bisa menggunakan transportasi Andongan yang umumnya hanya ada di pagi hari. Berupa mobil bak terbuka untuk mengangkut barang dagangan pasar yang terdapat di wilayah Donorejo. Ada beberapa ojek yang tersedia untuk mengantar sampai ke lokasi.
  2. Dari Yogyakarta : Ambil rute melalui Wonosari di Gunungkidul. Daerah yang dilalui adalah Pathuk - Wonosari - Pracimantoro - Giribelah - Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur - Punung - Pantai Klayar.
  3. Dari Solo : Ambil rute ke arah Kecamatan Pracimantoro - pertigaan Giribelah belok kanan - perempatan Kalak - Pantai Klayar.
Jalur di sepanjang perjalanan melalui jalan berliku-liku dan tidak mudah, namun keindahan yang disajikan cukup memanjakan mata seperti deretan bukit-bukit dan gua-gua kecil di pinggir jalan akan membuat perjalanan anda tidak membosankan.

Fasilitas

Beberapa fasilitas sudah mulai dikembangkan seperti banyaknya penginapan seperti homestay, warung makan, toilet umum dan lokasi parkir. Pihak pengelola terus mengembangkan fasilitas di wisata Pantai Klayar yang tergolong masih belum ramai.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Klayar Pacitan - Pesona Keindahan Alam dan Seruling Samudra"

Posting Komentar