Pulau Merah - Primadona Pantai Selatan Banyuwangi

Pulau Merah Banyuwangi. Berkunjung ke Banyuwangi untuk berjemur atau berselancar?, berkunjunglah ke Pulau Merah, sebuah pantai khas dengan suasana elegan yang akan menjadikan waktu berlibur tidak sia-sia.
pulau merah
Pantai Pulau Merah
Pantai Pulau Merah adalah sebuah pantai di Banyuwangi yang merupakan salah satu tujuan peselancar dunia. Pulau Merah merupakan sebuah bukit hijau bertanah merah di bibir pantai yang bisa dikunjungi ketika laut surut, itulah kenapa pantai ini disebut Pulau Merah dari nama aslinya Pantai Ringin Pitu. Disana juga ada Pura untuk upacara Mekiyis yang dilaksanakan oleh penganut agama Hindu, bernama Pura Tawang Alun yang sudah berdiri sejak 1980.
Pergeseran nama dari Pantai Ringin Pitu ke Pulau Merah ada dua versi yaitu karena warna tanah dan pasir yang ada di bukit Pulo Merah setinggi 200 meter, lalu karena dulu pernah terpancar cahaya warna merah.

Pantai Pulau Merah berpasir putih dengan ombak yang cukup tinggi sekitar 2 meter dan panjang 300 meter. Pulau Merah Banyuwangi memiliki kelebihan bagi para peselancar yaitu tidak memiliki banyak batu seperti di Pantai Plengkung sehingga aman untuk peselancar profesional maupun pemula. 
pulau merah
Suasana Pantai Pulau Merah

Lokasi Pulau Merah

Pulau Merah termasuk bagian dari rangkaian pantai selatan Jawa Timur. Terletak di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, 60 kilometer dari kota Banyuwangi. 

Akses

Menuju Pulau Merah Banyuwangi bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua sekitar 3 jam. Dari Bandara Blimbingsari bisa menyewa kendaraan untuk menuju ke Pulau Merah karena transportasi umum tidak begitu banyak.

Untuk angkutan umum dari Banyuwangi menggunakan bisminto atau Ujang Jaya jurusan Pesanggaran. Dari pasar Pesanggaran dilanjutkan dengan ojek ke Pulau Merah. Dari Jember bisa turun di Terminal Jajag dilanjutkan naik bus menuju Pesanggaran.

Fasilitas

Pulau Merah Banyuwangi yang cukup terkenal dengan selancar, tentu saja disediakan penyewaan papan selancar seharian penuh dengan tarif Rp. 25.000 hingga Rp.50.000. Jika ingin bersantai di sepanjang pantai, wisatawan bisa menyewa kursi empuk dan payung untuk merebahkan tubuh sembari menikmati suasana pantai dengan suara ombak dan hembusan angin sepoi yang sejuk.

Bagi yang hobi memancing dan menyelam atau snorkeling, bisa menyewa perahu tradisional untuk mengantar ke tengah laut. 
Ada petugas yang menjalankan fungsi rescue terhadap wisatawan yang berenang, namun tetap disarankan untuk hati-hati.
Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di Pulau Merah, bisa memanfaatkan penginapan warga sekitar dengan tarif rata-rata Rp.100.000.

Baca Juga :
Pantai Balekambang - Pesona Tanah Lot'nya Pulau Jawa
Pantai Marina - Menikmati Senja di Pantai Mungil Semarang

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pulau Merah - Primadona Pantai Selatan Banyuwangi"

Posting Komentar