Pantai Siung - Sensasi Panjat Tebing Bernuansa Lautan

Pantai Siung Yogyakarta. Pantai Siung adalah salah satu pantai terindah di Yogyakarta yang kaya akan karang-karang besar. Untuk wisatawan yang suka pantai dengan pasir putih dan birunya air laut yang masih terjaga kebersihannya, pasti akan menyukai pantai ini. Pantai ini akan mengobati rasa lelah kakera perjalanan jauh menuju ke Pantai Siung.
Pantai Siung
Keindahan batu karang Pantai Siung mempunyai peran yang sangat besar terhadap pecinta olah raga panjat tebing. Di Pantai ini terdapat 250 jalur panjat tebing berstandart Internasional. Batu karang yang disukai climber adalah batu karang kuda laut berketinggian 40-50 meter. Disebut tebing kuda laut karena bentuknya mirip kuda laut dari kejauhan. Dari atas tebing, keindahan laut lepas akan sangat aduhai, terutama ketika menikmati sunrise maupun sunset.

Selain berenang, menikmati suasana pantai dan panjat tebing adalah hal yang jangan sampai dilewakan ketika mengunjungi Pantai Siung ini.
Karang Besar Pantai Siung


Lokasi Pantai Siung

Pantai Siung terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yoggyakarta. Berada sekitar 77 kilometer dari Yogja.

Akses

Ada beberapa jalur untuk menuju ke Pantai Siung :
  1. Dari Yogyakarta : Dari arah jalan Piyungan menuju Wonosari dan ke selatan ke arah Pantai Baron. Di pertigaan Desa Mulo ambil arah ke kiri jurusan Mentel - Bintaos - Tepus - Pertigaan Winangun dan ambil ke arah kanan menuju Pantai Siung. Kondisi jalan agak sempit dan berliku dengan jarak tempuh sekitar 40 kilometer. 
  2. Dari Wonosari hingga pertigaan Mulo, ambil arah ke Pantai Baron dan ambil arah ke Pantai Kukup - Pantai Sepanjang - Pantai Drini - Pantai Krakal - Pantai Sundak - Pantai Indrayanti - Hingga ke Desa Tepus. Sampai di pertigaan Winangun ambil jalan ke kanan arah pantai Siung. 
  3. Dari Klaten : Semanu - Giripanggung - SUmberwungu, Klayu, Gude , Blekonang - Winangun - Pantai Siung 
  4. Dari Solo : Praci - ke arah Kecamatan Rongkop/Barann - Ke Selatan arah Nglindur - Sebelum pertigaan arah pasar ngrancah ambil arah kanan - Pasar Jepitu - Lurus ke pertigaan Winangun - Ambil arah kiri ke Pantai Siung.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia masih minim karena lokasi pantai yang terpencil. Hanya tersedia tempat parkir, toilet dan warung. Jika ingin bermalam, wisatawan bisa menggunakan pondok pemanjat berbentuk rumah panggung dengan kapasitas sekitar 20 orang atau bisa camp di sekitar tebing-tebing.

 

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pantai Siung - Sensasi Panjat Tebing Bernuansa Lautan"

Posting Komentar