Pulau Komodo - Pesona Habitat Dinosaurus Terakhir di Bumi

Pulau Komodo mempunyai daya tarik yang luar biasa dengan kehadiran satwa Komodo yang merupakan kadal terbesar di dunia.  Selain menjadi tempat yang dilindungi, pulau ini tidak pernah sepi dari wisatawan mancanegara maupun dalam negeri untuk melihat "dinosaurus terakhir di bumi" di Pulau yang sudah diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.
Komodo
Taman Nasional Komodo merupakan sebuah pulau tempat habitat asli komodo yang mulai punah untuk berkembang biak dan hewan ini telah ada di pulau tersebut kurang lebih 40 juta tahun.

Pulau Komodo memiliki luas 1.817 meter persegi. Di pulau terdapat sekitar 1.300 ekor komodo (2009), 2.500 ekor di Pulau Rinca dan Gili Montang, serta sekitar 100 ekor di Cagar Alam Wae Wuul.
Pulau Komodo
Selama berkeliling Pulau Komodo, wisatawan akan ditemani pawang untuk memandu melihat komodo. Pawang ini disebut "jagawana" yang akan menjelaskan beberapa tips untuk berkeliling Pulau Komodo. Untuk menuju ke lokasi habitat Komodo, wisatawan harus mendaki ke Gunung Ara selama 3-4 jam. Harus diperhatikan untuk wanita yang sedang mnestruasi untuk melapor pada pemandu karena komodo memiliki indra penciuman yang tajam dengan darah.

Meski bernama Komodo, Pulau Komodo tidak semata-mata hanya menampilkan Komodo saja. Daya tarik lain Pulau Komodo bisa juga dinikmati, seperti keindahan savana, hiking di perbukitan, camping,dan juga wisata bahari lain seperti snorkelingdiving, kano, dan sebagainya. Keindahan perbukitan Pulau Komodo sangat memanjakan mata dan bisa menjadi kunjungan tak terlupakan.
Perbukitan Pulau Komodo

Ada berbagai wisata menarik di Pulau Komodo yang bisa dikunjungi, yaitu :
  1. Loh Liang di Pulau Komodo : Pantai ini adalah pintu masuk wisata Pulau Komodo. Di pantai ini wisatawan bisa snorkeling, diving maupun berjemur. 
  2. Loh Liang di Pulau Rinca : Disini wisatawan bisa melihat habitat hewan liar selain komodo sepertirusa, kerbau, kuda dan berbagai jenis burung.
  3. Pulau Padar : Pulau yang ada di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca adalah tempat yang sangat menawan untuk diving dan snorkelingdengan 42 spot yang bisa dipilih.

Taman Nasional Komodo dirikan pada tahun 1980 untuk menjaga kelestarian komodo dan juga flora-fauna lain yang ada di sana termasuk binatang di laut.
Pesona Bawah Laut Pulau Komodo

Lokasi

Pulau Komodo masuk di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai BArat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Berada di sebelah barat Pulau Sumbawa.

Akses

Menuju Pulau Komodo bisa ditempuh melalui jalur darat, laut dan udara dengan point akhir tujuan Labuan Bajo :
  1. Jalur Laut : Dari Denpasar, Bali, perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan kapal Ferry yang menuju Labuan Bajo
  2. Jalur Darat : Dari Bali bisa naik bus menuju ke Labuan Bajo
  3. Jalur Udara : Pesawat dengan tujuan Labuan Bajo
Setelah di Labuan Bajo, akan ada kapal yang mengantar ke Pulau Komodo.

Fasilitas

Di Loh Liang sudah terdapat pondok wisata, pusat informasi, cafetaria, dermaga, shelter. Di Pulau Rinca sudah terdapat pondok wisata, cafe dan shelter.

Share :

Facebook Twitter Google+

0 Response to "Pulau Komodo - Pesona Habitat Dinosaurus Terakhir di Bumi"

Posting Komentar